Pages - Menu

Monday, December 14, 2015

Inilah Khasiat Tersembunyi Cacing Tanah Untuk Mengobati Tipes

Inilah Khasiat Tersembunyi Cacing Tanah Untuk Mengobati Tipes - Caing tanah dari jenis Lumbricus mempunyai bentuk tubuh yang pipih. Jumlah segmen yang dimiliki berkisar 90-195 dan kitelum terletak pada segmen 27-32. Biasanya jenis ini akan kalah bersaing bila ada jenis cacing lain dala sepetak tanah, namun bila jenis ini hanya satu-satunya ditempat tersebut maka ukuranya akan lebih besar.

Cacing tanah jenis Pheretima segmennya mencapai 95-150 dan klitelumnya terletak pada segmen 14-16. Bentuk tubuhnya slinders berwarna merah keunguan. Cacing tanah yang termasuk dari jenis Pheretima antara lain adalah cacing koot, cacing merah, dan cacing kalung.

Binatang ini memang memiliki bentuk yang terasa menjijikan oleh sebagian orang, namun dibalik penampilanya ternya cacing dapat digunakan sebagai obat yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit. Menurut pengalaman orang yang pernah mengalami sakit demam atau suhu badan yang tidak stabil dengan memanfaatkan cacing tanah sebagai obat untuk mengobati penyakit tersebut.

Cacing Tanah Bermanfaat Sebagai Anti Bakteri


Menurut beberapa sumber penelitian menyatakan bahwa cacing tanah memiliki manfaat untuk kesehatan, para penelitti menyatakan adanya zat antibakteri pada protein ekstrak daaging cacing tanah yang dapat memnghambat bakteri yang berpotensi menganggu kesehatan tubuh.


Caing Tanah Sebagai Obat Tipes


Cacing tanah telah dipercaya oleh masyarakat Indonesia sebagai obat penyakit tipes. Dari 1800 spesies cacing, hanya ada dua jenis cacing yang dapat digunakan sebagai obat yaitu caing tanah dan cacing kalung.

Dalam menyembuhkan tipes, ekstrak cacing tanah dapat menyembuhkan tipes dari dua sisi yaitu membunuh bakteri penyebab tipes dan menurunkan demam yang disebabkan tipes.

Ada beberapa cara pengolahan cacing tanah diantaranya dengang pengolahan menjadi kapsul cacing tanan dengan system higrocopy. Yaitu kandungan air cacing tah diserap dengan menggunakan kain kasa.

Namun ada juga cara lain yang lebih mudah yaitu :

1. Caci cacing merah yang bentuknya kecil-kecil
2. Bersihkan cacing tersebut dari tanah dan kotoran unuk menjaga kehigienis.
3. Tuangkan tiga gelas air
4. Rebus cacing sampai mendidih
5. Saring dan ambil airnya
6. Tunggu hingga dingin kemudian diminum tiga kali sehari

Saran saya dalam proses pengolahan sipenderita tidak melihat poses tersebut karena akan membuat si penderita merasa jijik.

Demikian ulasan singkat mengenai Khasiat Tersembunyi Cacing Tanah Untuk Mengobati Tipes semoga bermanfaat dan sehat selalu. 

No comments:

Post a Comment