Tips Diet Sehat Secara Islami

.
Tips Diet Sehat Secara Islami - Setiap orang tentunya menghendaki badan yang sempurna, dalam artian sehat,langsing dan proporsional. Berpenampilan sempurna tentunya dambaan semua orang, tapi kenyataannya benyak sekali di antara kita yang berpenampilan kurang menarik. Mungkin di antara kita ada yang mendabakan badan yang langsing dan proporsioanal dan tentunya sehat, agar supaya mempunyai penampilan yang bagus sehingga tidak menimbulkan kurang percaya diri. Bagi yang mempunyai penampilan kurang menarik atau kurang langsing, ada tips secara islami supaya badan kita selain penampilan yang menarik badanpun tetap sehat.

Tips Diet Sehat Secara Islami -Banyak sekali di antara kita yang berani memayar berapapun untuk bisa mempunyai penampilan yang menarik dan tidak lagi memperhatikan kesehatan. ternyata ada tips sehat langsing secara islami yang tidak memerlukan diet ketat dan tanpa di barengi dengan menyiksa diri, sebab belum tentu dengan diet ketat dapat menghasilkan secara sempurna, apalagi jaman sekarang banyak sekali obat-obat pelangsing yang belum tentu dapat di pertanggung jawabkan.

Tips Diet Sehat Secara Islami - Kebanyakan penyakit tumbuh di dalam tubuh kita di sebabkan cara pola makan yang keliru, padahal pola makan adalah cara yang terbaik untuk menjaga kesehatan tubuh. Banyak sekali penyakit yang di sebabkan karena pola makan yang keliru, dan dari sinilah timbul peyakit kronis, diantaranya :  kegemukan,jantung,asam urat,kolesterol,darah tinggi,diabetes dan penyakit-penyakit kronis lainya. Namun apabila kita mengikuit cara pola makan Rosululloh tentunya kita akan mendapat kesehatan yang sempurna.


Inilah hadist Rasululloh SAW yang berkaitan dengan cara pola makan antara lain :

1. “Tidaklah anak cucu Adam mengisi wadah yang lebih buruk dari perutnya. Sebenarnya beberapa suap saja sudah cukup untuk menegakkan tulang rusuknya. Kalau toh dia harus mengisinya, maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk bernapas.” (H.R. Turmudzi, Ibnu Majah, dan Muslim)

2. “Sesungguhnya termasuk sikap berlebih-lebihan bila kamu memakan segala sesuatu yang kamu inginkan.” (H.R. Ibnu Majah)

3. “Seorang mukmin makan dengan satu usus, sementara orang kafir makan dengan tujuh usus.” (H.R. Muslim, Turmudzi, Ahmad, dan Ibnu Majah)

4. “Kami adalah orang-orang yang tidak makan, kecuali setelah lapar, dan bila makan, kami tidak sampai kenyang.” (H.R. Abu Dawud)

Dan ini beberapa firman Alloh yang menganjurkan cara pola makan yang sesuai dengan kebutuhan kita,  antara lain :

1. “Makan dan minumlah, tapi jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang berlebih-lebihan.” (Al-A’raf ayat 31)

2. “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu haramkan apa-apa yang baik yang telah Allah halalkan bagi kamu, dan janganlah kamu melampaui batas. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas.” (Ali ‘Imran 147)

3. “Makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah telah rezekikan kepadamu, dan bertakwalah kepada Allah yang kamu beriman kepada-Nya.” (An Nahl:114)



Adapun cara diet cepat langsing secara islami antara lain :

1. Niat
Niat yang baik untuk memulai cara diet islami, haruslah di niatkan hanya karena Alloh, bukan yang lainya, sebab selain badan kita sehat juga mendapat nilai plus pahala dalam usaha kita untuk mempunyai bada yang langsing. Kita mempunyai fisik yang ideal tentunya untuk kebaiakan kita, apabila seorang istri tentunya mempunya badan yang langsing hanya untuk suamiya tercinta, jangan perlihatkan kepada semua orang sehingga tidak menimbulkan fitnah.

2. Rajin Berpuasa
Puasa adalah jalan yang terbaik untuk kesehatan kita. Lakukan puasa secara rutin atau istiqomah. Anda bisa melakukan puasa-puasa sunnah sesuai dengan anjuran Nabi Muhammad SAW seperti puasa daud ( sehari puasa, sehari berbuka ), dan admin telah membuktikan puasa daud dan ternyata selain badan langsing badanpun sehat dan tentunya mendapat nilai ibadah,puasa senin – kamis, puasa tengah bulan ( 3 hari, setiap tanggal 13, 14, 15 pada bulan Hijiriyah ).

3. Lakukan Sholat Wajib dan Sholat Sunnah Secara Istiqomah
Di dalam sholat banyak sekali gerakan-gerakan yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kita yang telah kami bahas dalam postingan yang lain, oleh sebab itu jangan ragu lakukan sholat dengan smpurana maka kita akan mendapatkan kesehatan yang sempurana termasuk badan yang langsing....Tidak percaya,, ? buktikan...

 4. Makan Setelah Lapar dan Berhenti Makan Sebelum Kenyang
Makan setalah lapar adalah jalan yang tebaik, sebab apabila di dalam perut bertumpuk-tumpuk makan tentunya tidak baik untuk kesehatan, dan berhenti sebelum kenyang dalam artian makanlah sesuai dengan kebutuhan kita, dan jangan lupa kita harus mengikuti cara pola makan Rosululloh SAW : “Tidaklah anak cucu Adam mengisi wadah yang lebih buruk dari perutnya. Sebenarnya beberapa suap saja sudah cukup untuk menegakkan tulang rusuknya. Kalau toh dia harus mengisinya, maka sepertiga untuk makanan, sepertiga untuk minuman, dan sepertiga lagi untuk bernapas.” (H.R. Turmudzi, Ibnu Majah, dan Muslim)



Mau badan kita sehat dan langsing ? mulai sekarang yu kita mengikuti cara pola makan sehat Rosululloh, sebab beliau adalah suritauladan yang terbaik yang hrus kita ikuti...Semoga bermanfaat....


2 comments:

  1. agan, izin copas ya diblog saya.
    insya Allah buat share kepada teman2 untuk mengurangi kelebihan brat badan :)

    ReplyDelete