Kenapa Anak-anak Susah Makan Dan Rewel ?

.
Kenapa Anak-anak Susah Makan Dan Rewel ? - Permasalahan ini sering kita rasakan oleh orang tua sebab kadang-kadang kita tidak mengetahui apa keinginan anak, apalagi apabila anak kita masih balita ..kan susah untuk di tanya apa keinginanya.. yah kalau anak sudah agak besar mungkin tidak begitu sulit untuk di tanya tapi... yah kadang-kadang tetap saja rewel. Memang anak sangat perlu untuk kita perhatikan sebab anak sering di ktakan adalah investasi terbaik untuk kita baik di dunia ataupun di akhirat.

Kenapa Anak-anak Susah Makan Dan Rewel ? - Setiap orang tua tentunya mengharapkan anak kita menjadi anak yang sukses dan ini tentunya harus kita didik sejak dini tapi kan kadang-kadang kita menghadapi kendala dalam mendidik anak, disinilah perlunya kesiapan sebagai orang tua untuk mempunyai ilmu yang baik cara mendidik anak, apalagi anak-anak memperlukan perhatian khusus terutama pada makanan yang di konsumsi anak. Makanan anak tidak hanya butuh asupan makan yang baik dan bergiji yang tidak kalah penting juga tentunya tentang kehalalan makanan tersebut sehingga anak yang di harapkan sebagai investasi hidup kita, bermanfaat di dunia dan di akhirat.

Oh yah lupa inikan masalah Kenapa anak-anak susah makan dam rewel ? tapi tidak apa-apa masalah di atas juga penting kan...? baiklah ini ada solusi yang harus kita perhatikan dan coba kita laksanakan untuk mengatasi anak-anak susah makan dan rewel. Anak-anak butuh banyak nutrisi untuk pertumbuhannya. Namun mereka suka rewel dan pilih-pilih makanan. Anda juga mengalaminya? Simak cara ampuh menghadapi anak rewel soal makanan seperti yang dilansir dari Health Me Up berikut ini.


  1. Berikan variasi makanan yang berbeda setiap kali anak makan.
  2. Saat memberikan makanan jenis baru, sediakan bersamaan dengan jenis makanan yang lain dan tidak perlu membesar-besarkannya. Sebab jika anak tahu ada makanan baru, sebelum mencoba mereka sudah menolaknya terlebih dahulu.
  3. Saat memperkenalkan makanan baru, berikan sedikit porsi untuk mengetahui apakah anak menyukainya atau tidak.
  4. Jika anak terlihat tertarik dengan makanan baru buatan Anda, biarkan mereka mencicipinya terlebih dahulu sebelum benar-benar menuangkan satu porsi dalam piringnya.
  5. Susun makanan sedemikian rupa agar terlihat menarik dan membuat anak mau memakannya.
  6. Buat peraturan agar makanan yang ada di piring harus selalu dihabiskan saat makan.
  7. Biarkan anak memilih sendiri makanannya, sehingga mereka tidak merasa terpaksa ketika mengikuti peraturan harus menghabiskan makanan di atas piring.
  8. Ajak anak berbelanja untuk keperluan memasak. Memberi anak kesempatan untuk memilih makanannya bisa membuat mereka sadar pentingnya makan makanan yang bergizi.
  9. Jangan malas belajar memasak dan mencoba berbagai resep baru yang bisa mengambil hati anak.
  10. Coba tanyakan pada orang tua Anda, apakah Anda dulu juga rewel soal makanan saat masih kecil? Saran dari mereka tentu akan membantu Anda menghadapi anak yang suka pilih-pilih makanan.


Mungkin itu cara yang harus anda coba untuk mengatasi anak-anak yang sulit makan dan suka rewel, kita sebagian orang tua harus banyak sabar dan tahan emosi untuk manghadapi anak-anak kita yang rewel, mungkin kalau bicara sih gampang tapi kanyataanya kita sebagai orang tua kadang-kadang kurang sabar menghadapai anak yang rewel dan sulit untuk makan. Dan itulah pentingnya orang tua untuk  lebih dewasa dan kehati-hatian dalam menghadapi anak yang rewel dan susah makan.

Editor    : Mamat El-rahmat
Sumber : merdeka.com

3 komentar:

  1. Mas Gimana kalau orang miskin. Gimana solusiny untuk itu ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sesuaikan saja dengan kemampuan. sebab setiap orang tentunya punya solusi yang berbeda-beda..

      Hapus
  2. untuk anak yg susah makan bisa diberi vitamin penambah nafsu makan minyak ikan salmon

    BalasHapus