Kenapa Kepala Kita Sering Pusing ?

.

Kenapa Kepala Kita Sering Pusing ? - Mungkin kita sering merasakan pusing yang tiba-tiba dan kita kadang-kadang tidak tahu penyebabnya, pusing sering sekali mengganggu aktivitas kita, dan jangan anggap enteng penyakit pusing ini sebab banyak sekali penyebab stroke pada pertamanya terasa pusing. Oleh sebab itu cari lah penyebab pusing yang kita alami. Mudah-mudahan keterangan di bawah ini bermanfaat untuk kita, sehingga apabila kita merasa pusing kita bisa menanganinya dengan baik.


Kenapa Kepala Kita Sering Pusing ? - Beberapa hal bisa menyebabkan seseorang merasa pusing seperti dikutip dari Mayo Clinic, Rabu (20/4/2011) yaitu: merasa pusing seperti ingin pingsan (Presyncope). Presyncope adalah istilah medis untuk kondisi merasa pingsan dan pusing tapi tanpa kehilangan kesadaran. Kadang kondisi ini diikuti dengan mual, kulit pucat dan gejala lain yang berkaitan dengan pingsan.

Penyebab Kepala Sering Pusing meliputi:


  1. Tekanan darah yang rendah (hipotensi ortostatik), kondisi ini terjadi karena adanya penurunan drastis tekanan darah sistolik (angka atas dalam membaca tekanan darah). Hal ini dapat terjadi jika seseorang duduk atau berdiri terlalu cepat dan juga pada orang yang diketahui memiliki penyakit tekanan darah rendah.
  2. Kurangnya asupan darah yang keluar dari jantung, kondisi ini seperti salah satu penyakit otot jantung (cardiomyopathy), irama jantung abnormal (aritmia) atau penurunan volume darah yang membuat alirannya dari jantung tidak memadai.
  3. Kehilangan keseimbangan (disequilibrum). Kondisi ini adalah hilangnya keseimbangan atau perasaan goyang saat berjalan. Kemungkinan penyebabnya termasuk:


  • Masalah pada bagian dalam telinga atau inner ear (vestibular), kelainan pada bagian dalam telinga bisa membuat seseorang merasa goyang saat berjalan terutama dalam gelap.
  • Gangguan sensori, kegagalan dalam penglihatan dan kerusakan saraf di kaki bisa mengakibatkan seseorang sulit menjaga keseimbangan yang membuatnya merasa kliyengan.
  • Kondisi neurologis, berbagai gangguan saraf bisa menyebabkan hilangnya keseimbangan


Penyebab pusing lainnya.
Beberapa penyebab lainnya juga bisa membuat seseorang merasa kepala pusing sambil berasa goyang. Beberapa penyebab lain adalah:

  • Obat-obatan, beberapa pengobatan diketahui bisa menimbulkan perasaan pening  dan akan hilang jika berhenti mengonsumsinya. Obat penurun tekanan darah juga bisa menyebabkan pusing jika tekanan darah yang diturunkan terlalu banyak.
  • Gangguan kecemasan seperti serangan panik, merasa sangat grogi atau mengalami fobia tertentu bisa menyebabkan orang merasa pusing 
Jika pusing muncul secara tiba-tiba, cobalah untuk duduk atau mencari pegangan agar tidak terjatuh serta tetap tenang. Dan jika terjadi terus menerus segeralah periksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pastinya.


اللَّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذْهِبِ الْبَأْسَ، اشْفِ، أَنْتَ الشَّافِي لاَ شِفَاءَ إِلاَّ شِفَاءُكَ، شِفَاءً لاَ يُغَادِرُ سَقَمًا

ا
“Ya Allah, Rabb seluruh manusia, hilangkanlah penyakit ini. Sembuhkanlah, Engkau adalah Dzat yang Maha Menyembuhkan. (Maka) tidak ada obat (yang menyembuhkan) kecuali obatmu, kesembuhan yang tidak meninggalkan penyakit.” (Muttafaqun ‘alaih)

Sumber : fimadani.com

7 comments:

  1. Replies
    1. Coba baca yang ini ...http://kabarsehatislami.blogspot.com/2013/04/kita-sering-sakit-kepala-pusing-puyeng.html

      Delete
  2. allahumma anta syaafi la syifa`a illa syifauka syifaan laa yughoddiru saqomaann wa laa aalamann

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah... Promosi bbm untuk tambah teman, area Magelang, Jateng. 26b1709a

    ReplyDelete
  4. Thx utk infonya..mampir jg yuk di http://elementmtb.com/bahayakah-pusing-saat-bersepeda/

    ReplyDelete