Inilah Tata Cara Minum Yang Baik Ala Rasulullah SAW

.
Inilah Tata Cara Minum Yang Baik Ala Rasulullah SAW - Minum adalah kegiatan mengkonsumsi ait melalui mulut. Ternyata minum ada tatacaranya loh, dan tata cara minum sehat sudah diparakktekan oleh Rasulullah SAW melalui sunnah Rasul.

Dari tsumamah bin abdullah. " Dahulu Anas bin Malik Ra pernah bernafas didalam bejana (gelas) dua kali atau tiga kali, dan dia mengira Nabi SAW pernah melakukan itu." ( Bukhari ).

Dari abu qatadah dan bapaknya, Rasulullah SAW bersabda " Apabila salah seorang diantara kalian minum, maka janganlah ia bernafas dibejana, dan jika salah seorang dari kalian kencing makan janganlah ia memegang kemaluannya dengan tangan kananny, jika membersihkan maka jangan membersihkan dengan tangan kanannya," (HR Bukhari no 5630).


Para pakar kontemporer telah berusaha untuk mengkaji hikmah atas larang tersebut. Mereka mengatakan " Ini adalah petunjuk indah yang diajarkan Rasulullah SAW dalam menyempurnakan ahlak. Dan apabila makan atau minum terpecik ludah keluar dari mulutkita, maka hal itu merupakan kurang sopan santun kita dan sebab muculnya sikap penghinaan atau meremehkan. Dan Rasulullah SAW adalah penghulunya seluruh orang-orang sanun dan pemimpinya seluruh pendidik."

Bernafas adalah aktivitas menghirup oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida. Diproses pertama tubuh menghirup oksigen kemudian disalurkan keseluruh tubuh melalui paru-paru. dan mengeluarkan karbondioksida serta sisa metabolisme tubuh dan didalam gas tersebut dikeluarkan bersama penyakit.

Oleh karen itu salah satu hikmah dari larangan Rasulullah bernafas ketika minum adalah untuk menghindari tersebarnya penyakit. Sebagaimana yang kita ketahui bahawa meminum air sekali tenggukan akan memaksa dirinya untuk untuk menahan napas. Hal ini akan menyebabkan jalur yang dilaui air bertabrakan dengan jalur pernapasan. Hal ini akan berpengaruh buruk pada dinding paru-paru.

Apabila seseorang terbiasa minum air satu kali tegukan, napasnya akan berat dan paru-paru akan menyempit. Dampaknya kedua paru-paru akan menghimpit jantung sehingga mengalami gagal jantung, kemudian membalik ke hati hati akan membengkak, kemudian sekujur tubuh akan mengalami menggembur.


Oleh karena itu, sungguh mulia ajaran Rasulullah SAW agar kita meminum  air seteguk demi seteguk ( 2 teguk sampai 3 teguk setiap satu gelas setiap tegukan dijeda dengan napas) dan dengan tatacara minum yang baik ala Rasulullah SAW akan lebih memuaskan rasa dahaga dan lebih menyehatkan.

0 comments:

Post a Comment