Metoda Ampuh Pengobatan Rasulullah

.
Metoda Pengobatan Rasulullah - Islam adalah agama sempurna. Islam mengatur kehidupan manusia dalam semua spek tak terkecuali dalam hal pengobatan. Allah SWT yang maha pengasih lagi maha penyayang mengutus rasulullah bukan hanya untuk memberikan kabar gembira dan peringatan, plus mengajarkan kepada manusia bagaimana cara merawat dan memelihara kesehatan.

Pengobatan ala Nabi biasa dikenal dengan Thibun Nabawi yang diperkenalkan oleh Syekh Ibnu Qoyyim Al Jauziah di dalam kitabnya Zaadul Maad. Thibun Nabawi mengacu pada semua perkataan, pengajaran perbuatan, dan tindakan Rasulullah yang berkaitan dengan penyembuhan atau pengobatan penyakit. Pengobatan ala Rasulullah dapat diyakini bersipat haq (benar) karena berasal dari wahyu. bersifat illahiah dan alamiah.

Illahiah bermakana segala penyakit datangnya dari Allah SWT dan Allah SWT pula yang kuasa mengangkat penyakit tersebut. Sementara manusia berusaha untuk sembuh menggunakan ilmu yang telah diberika Allah SWT kepadanya. Sesuai sabda Rasulullah "Berobatlah kamu karena sesungguhnya Allah SWT yang menurunkan penyakit dan Dia juga yang menurunkan obatnya" (H.R Ahmad) dan jangan lupa setiap menjalani pengobatan kita harus berkeyakinan bahwa Allah SWT yang akan menyembuhkan. " Setiap penyakit ada obatnya, Maka bila obat itu mngenai penyakit akan sembuh dengan izin Allah SWT "(H.R Muslim).

Alamiah bermaksud semua pengobatan Rasulullah mengunakan sumber-sumber alam yang ada dimuka bumi.

Pengobatan Menurut Rasulullah 

Thibun Nabawi mencakup bidang penyembuhan, pencegahan, cara hidup sehat Rasulullah, keadaan mentan dan sepiritual, karena Thibun Nabawi tidak hanya mencakup ruh tapi juga pada jasad.Secara garis besar Thibun Nabawi memiliki tujuan Pencegahan dan Pengobatan.

A. Pencegahan

Semua tindakan Rasulullah bersifat tindakan pencegahan diantaranya sebagai berikut :

     1. Ibadah 
            Ibadah selain selain kewajiban umat islam ternyata ibadah dapat menyembuhkan berbagai penyakit.
  • Shalat Tahajud
" Hendaklah kalian bangun malam. Sebab merupakan kebiasaan orang - orang saleh sebelum kalian. Wahan pendekatan diri kepada Allah SWT, penghapus dosa dan pengusir penyakit dari dalam tubuh " (H.R At-Tirmidzi).

Jika kita mengerjakan shalat tahajud dengan benar gerakannya, ikhlas dan khusuk niscaya dengan seijin Allah SWT akan terbebas dari penyakit infeksi dan kanker. menjadikan tubuh bugar dan bersemangat dan terhindar dari penyakit punggung di usia tua. Dr. Abdul Hamid diyab dan Dr. Ah Qurqus mengungkapkan bahwa kebiasaan shalat tahajud dapat meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak muda terkena penyakit, akan menenangkan hati sehingga tidak mudah stress.
  • Puasa Sunnah
" Dan kalau kalian puasa itu lebih baik bagi kalian kalau kalian mengetahuinya " (Q.S Al-Baqarah : 184)

Puasa memiliki berbagai manfaat untuk tubuh seperti menjaga kesehatan saluran pencernaan, menurunkan berat badan, menyehatkan jantung, perbaikan tubuh dan otak, memelihara kesehatan jiwa, dan lain sebagainya.

     2. Menjaga Kebersihan dan Kesucian
  • Kebersihan Tubuh
" Abu Hurairah Ra meriwayatkan Nabi Muhammad Saw bersabda : " Fitrah ada lima atau lima perkara dari fitrah; berkhitan, menghabiskan bulu kemaluan, memotong kuku, mencabut bulu ketiak, dan menipiskan kumis" (H.R Bukhori dan Muslim)
  • Kebersiahan Lingkungan
" Jabir Ra meriwayatkan bahwa Rasulullah Saw bersabda: " Tutuplah tempat-tempat makanan, tempat-tempat minuman karena sesungguhnya di dalam satu tahu ada sebuah malam yang turun didalamnya wabah penyakit tidak dia melewati sebuah tempat makanan atau minuman yang tidak tertutup, atau tidak ada penghalang di atasnya melainkan turun didalamnya dari wabah penyakit tersebut " (H.R Muslim )

     3. Pola dan Tata Cara Makan

  • Makanan Halal dan Baik 
" Dan makanlah makanan yang halal lagi baik dari apa yang Allah SWT telah rezekikan kepadamu, dan bertaqwalah kepada Allah SWT yang kamu beriman kepada-Nya" ( Q.S Al-Maidah : 88 )

Halal berkaitan dengan akhirat, makanan itu halal cara mendapatkanya atau halal barangnya, sedangkan Tayyib (baik) berkaitan dengan duniawi, baikkah makanan itu untuk kesehatan atau bergizikan makanan itu untuk tubuh.

  • Makan Saat Lapar dan Berhenti Sebelum Kenyang
" Al-Miqdam bin Ma'dikarib Ra meriwayatkan bahwa Rasulullah bersabda: " Tidaklah seorang mengisi tempat yang lebih buruk daripada perut , cukuplah bagi seorang manusia beberapa suapan yang menegakkan punggungnya, dan jika hawa nafsunya mengalahkan manusia, maka 1/3 untuk makan, 1/3 untuk minum dan 1/3 untuk bernafas" H.R Ibdu Majah dan dishahihkan oleh Al Albani didalam kitab Silsilat Al Hadits Ash Sahihah, no 2665.

  • Mencuci Tangan Sebelum Makan 
" Apabila Rasulullah Saw hendak tidur sedangkan Beliau dalam keadaan junub, maka Beliau berwudhu terlebih dahulu dan apabila hendak makan, Beliau mencuci tangan terlebih dahulu" (H.R Ahmad)

B. Pengobatan

" Tidaklah Allah SWT menurunkan suatu penyakit, melainkan Dia menurunkan penyembuhnya " (H.R Bukhori dan Ibnu Majah)

       1. Spiritual Ilahiah

" Dan Kami turunkan dari Al-Quran apa yang merupakan syifa'(obat) dan rahmat bagi orang - orang yang beriman" (QS Al-Isra : 82)

Rasulullah mengajarkan ilmu kesehatan dengan menerepkan pendekatan jasmani dan rohani. Yang dimaksud obat spritual adalah obat yang berasal dari ayat-ayat Al-Quran dan doa-doa yang diajarkan Rasulullah, yang biasa kita kenal dengan Ruqyah Sar'iyyah. Ruqyah biasanya digunakan untuk penyakit yang berkaitan dengan rohani atau spritual seperti pada orang yang kesurupan, guna-guna, sihir dll. Padahal Ruqyah bisa digunakan dalam pengobatan medis, yang tujuanya untuk aktivitas spiritual untuk mendapatkan ridho Allah SWT sehingga Allah SWT berkenan untuk menyembukan penyakit yang kita derita.

Dari Aisyah Ra berkata, " Adalah Rasulullah Saw apabila salah seorang dari keluarga Rasulullah Saw menderita sakit, maka Beliau meniupnya dengan ayat-ayat perlindungan. Tapi ketika Rasulullah sendiri yang menderita sakit menjelang wafatnya, sayala yang membacakan (ruqyah) dan meniupnya kepadanya, lalu saya usap beliau dengan tangannya sendiri, karena tanganya lebih banyak mengandung keberkahan daripada tanganku" (HR Bukhori no.5016 dan Muslim no. 2192).

Dari Aisyah Ra berkata " Sesungguhnya Rasulullah Saw apabila menengok orang yang sakit atau didatangi orang yang sakit. Beliau membaca untuknya (doa):" Hilangkanlah rasa sakit wahai Tuhan manusia, Sembuhkanlah, dan Engkau (Dzat) yang Maha Penyembuh, tidak ada kesembuhan selain kesembuhan-Mu, kesembuhan yang tidak meninggalkan rasa sakit." (HR Bukhori no.5243).

       2. Obat Alamiah 

  • Madu

" Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya. Didalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang yang memikirkan." (QS An-Nahl : 69).

Manfaat Madu diantaranya :
  1. Antibakteri, anti radang, dan antioksidan
  2. Madu menyehatkan gigi dan gusi, memutihkan gigi, mengobati sariawan dan gangguan mulut lainya.
  3. Mengobati diabetes, mencegah terjadinya radang usus besar, maag dan tukak lambung, membersihkan liver, memperlancar buang air kecil, dll.

  • Air Zam-Zam

Rasulullah Menyatakan "Sesugguhnya, zam-zam ini air yang sangat diberkahi, ia adalah makanan yang mengandung gizi." Nabi Saw menambahkan " Air zam-zam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu, maka Allah SWTmengenyangkan engkau. Jika engkau meminumnya agar hilang rasa hausmu, Maka Allah SWT akan menghilangkan dahagamu itu. Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah SWT untuk Ismail." (HR Daruqutni, Ahmad, Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas).

Kandungan Air Zam-Zam :

  1. Kadar kalsium dan garam magnesium lebih tinggi, berhasiat menghilangkan haus dan efek menyembuhkan.
  2. Mengandung zat fluoride yang berhasiat untuk memusnahkan kuman-kuman yang terdapat didalam kandungan airnya
  3. Memiliki keseimbangan elektrolit yang sempurna, juga mineral essensial yang baik bagi kesehatan, sangant alami dan murni, tebebas dari bebas darri satupun microorganisme patogen.
  4. Zam-zam 100% alami tidak mengandung klorin.
  • Zaitun

"Konsumsilah minyak zaitun dan gunakan sebagai minyak rambut, karena minyak zaitun dibuat dari pohon yang penuh berkah" (HR At-Tirmidzi dan Ibnu Majah).

Manfaat Minyak Zaitun :

  1. Mengurangi kolesterol berbahaya tanpa mengurangi kandungan kolesterol yang bermanfaat.
  2. Mengurangi resiko penyumbatan  dan penebalan pembuluh darah.
  3. Melindungi dari dari serangan kanker.dll.
  • Habatussauda



"Gunakanlah Habatussauda karena didalamnya terdapat obat untuk segala macam penyakit, kecuali maut" (HR. Bukhori Muslim)

Manfaat Habatussauda menurut penelitian :
  1. Antioksidan, anti radang, anti alergi.
  2. Mengobati gangguan pencernaan.
  3. Melawan kanker.
  4. Memperkuat imunitas tubuh.
  5. Menigkatkan memory dan konsentrasi.
  6. Meningkatkan bioktivitas hormone.
  7. Menetralkan toksin.
  8. Mengatasi susah tidur dan stress.
  9. Suplemen nutrisi.dll
  • Talbinah

Rasulullah bersabda:"Talbinah melegakan sanubari orang yang sakit dan menghilangkan sebagian kesedihan.". Talbinah adalah air rebusan biji gandum, yang nilai gizinya lebih banyak dari tepung gandum. Talbinah baik untuk orang yang terkena penyakit syaraf dan gangguan kejiwaan., bahkan dengan kandungan Betaglocannya dapat menurunkan kolesterol dalam darah, juga karena kandungan magnesiumnya yang tinggi sangat baik untuk mereka yang menderita penyakit jantung. Talbinah membantu mengobati semua gangguan pada lambung.

  • Kurma

" Barangsiapa yang makan pagi dengan tujuh butir kurna ajwah, maka tak akan mencelakainya racun dan sihir dihari itu." (HR Bukhori).

Manfaat kurma diantaranya:


  1. Mencegah penyerapan kolesterol jahat dalam usus.
  2. Melancarkan buang air besar dan mencegah konstipasi.
  3. Kurma mengandung antioksidan, anti infeksi, anti imflamasi, dan anti hermoragik.
  4. Menjaga kesehatan mata dan kulit.
  5. Kalium dalam kurma adalah komponen penting dalam sel dan cairan tubuh yang mebantu mengendalikan denyut jantung dan tekanan darah, sehinggan memberikan perlindungan terhadap penyakit jantung kororner dan stroke dll.


       3. Terapi
  • Bekam
" Sebaik-baiknya sesuatu yang kalian gunakan untuk berobat adalah hijamah (bekam)." (Ahmad 11634, da lihat pada Ash-Shahihah 760).

Bekam merupakan proses pengobatan dengan mengeluarkan darah yang terkontaminasi toksin (racun) atau oksidan dalam tubuh.Darah kotor adalah darah yang sudah terkontaminasi toksin yang menyumbat didalam pembuluh darah., sehingga peredaran darah tidak lancar. Timbunan toksin dalam tubuh dapat menurunkan sirtem imun dalam tubuh, sehingga tubuh akan mudah terserang penyakit.

Waktu yang baik untuk bekam :

Dari Anas Ra berkata, Rasulullah biasa berbekam pada akh'dain dan tengkuk. Beliau berbekam pada tanggal 17,19, dan 21 bulan hijrah (HR Tirmidzi:51/Hasan). Rasulullah Saw Bersabda :"Barangsiapa berbekam pada tanggal 17, 19, dan 21 maka itu akan menyembuhkan segala penyakit.." (HR Abu Dawud, (3861) hasan ). Ibnul Qoyyim berkata " Semua hadits ini sesuai dengan kesepakatan para tabib bahwa berbekam pada paruh kedua suatu bulan hingga pekan ketiga suatu bulan hingga pekan ketiga suatu bulan, lebih bermanfaat daripada berbekam pada awal bulan dan akhir bulan. Namun, karena suatu kebutuhan pengobatan dengan cara ini digunakan, kapan saja itu dilakukan, maka tetap bermanfaat, meski di awalbulan atau diakhirbulan."

Khasiat dan Manfaat Bekam :


  1. Mengeluarkan darah kotor, baik darah yang teracuni maupun dara statis, sehingga peredaran darah yang tadinya tersumbat akan kembali lancar.
  2. Meringankan tubuh, Banyaknya darah kotor yang menumpuk dibawah permukaan kulit mengakibatkan terasa malas dan berat, Jika dibekam tubuh akan merasa lebih ringan dalam berkativitas.
  3. Menajamkan penglihatan, Tersumbatnya aliran darah ke mata mengakibatkan penglihatan menjadi buram. Setelah dibekam penglihatan akan kembali tajam karena aliran darah kembali lancar.
  4. Menghilangkan berbagai penyakit, Rasulullah Saw mengisyaratkan ada 72 penyakit yang dapat di sembuhkan dengan jalan bekam seperti Asam urat, darah tinggi, jantung, kolesterol, masuk angin, migrain, sakit gigi, vertigo, sinusitis, jerawat, sembelit, wasir, impotensi, kecing manis, liver, ginjal, pengapuran dll. 

Sekian ulasan Metoda Ampuh Pengobatan Rasulullah yang semoga dengan artikel ini kita dapat meneladani prilaku rasulullah dan selalu mengamalkan apa yang diperintahkan Rasulullah. Semoga kita dapat terhindar dari segala penyakit.

0 comments:

Post a Comment