Inilah Penyebab Harus Mengucapkan Hamdallah Setelah Bersin

.
Bersin
Inilah Penyebab Harus Mengucapkan Hamdallah Setelah Bersin - Mungkin kita tak asing saat bersin untuk diharuskan membaca hamdalah, bukan tidak ada sebabnya ternyata membaca hamdalah saat bersin itu salah stu ucapan syukur karena telah diberi kesempatan bersin.

Setiap orang pasti pernah mengalami bersin. Rekai bersin terjadi karena adanya reaksi gatal. Setiap kali bersin dianjurkan untuk menguncapkan "Alhamdulillah" sebagai ucapan syukur kepada Allah SWT sedangkan orang yang mendengar mendo'akan "Yarhamukallah".

Dari Abu Hurairah Ra, dari Nabi SAW beliau bersabda:"Apabila salah seorang dari kalian bersin, hendaklah dia mengucapkan "Alhamdulillah" sedangkan saudaranya atau temannya hendaklah mengucapkan "Yarhamukallah"(semoga Allah SWT merahmattimu). Jika saudaranya berkata "Yarhamukallah" maka hendaklah dia berkata"Yahdikumullah wa yushlih baalakum" (Semoga Allah SWT memberimu petunjuk dan memperbaiki hatimu." (HR. Bukhari no.6224 dan Muslim no. 5033).

Dr. Bonnie Henderson dari ppusan kesehatan mata dan telinga menyebutkan, syaraf - syaraf organ mata dan hidung saling terkait. Mata spontan akan menutup saat bersin untuk melindungi saluran kapiler darah dan air mata agar tidak masuk bakteri yang keluar dari hidung.

Bersin sebenarnya merupak reaksi spontan tubuh untuk membersihkan organ hidung dari kotoran atau benda asing. Bersin terjadi dikarenakan ujung syaraf hidung mendektesi adanya bakteri atau virus. Bersin juga terjadi ketika syaraf hidung mendapat rangsangan mengejutkan seperti udara dingin, bau yang menyengat atau adanya reaksi alergi.

Dalam kondisi itu syaraf hidung akan mengirimkan sinyal ke otak unyuk membersihkan saluran udara. Dan terciptalah sebuah hentakan dari hidung dan mulut. Usai hentakan, mata akn kembali terbuka kembali.

Bersin tak hanya membuat mata tertutup, tapi wajah akan menegang dan jantung akan berkenti sekitan nol koma detik. Itulah mengapa banyak oranga mengucapakan sukur setelah bersin.

Dr. Thomas Graboys, direktur Lown Cardiovascular Research Foundation di Boston, bersin dapat merubah tekanan di dada yang membuat denyut jantung melambat. Kondisi inilah yang menjelaskan kenapa bersin membuat jantung berhenti berdetak sekejap.

Jadi Kenapa kita harus mengucapkan "Alhamdulillah" setelah bersin ?

  • Ketika bersin, jantung akan berhenti kerja dan berdenyut
  • Kecepatan bersin 100KM/Jam ada juga yang menyebutkan 250Km/Jam
  • Bersin mengeluarkan kotoran di hidung dan mulut.
  • Apabila anda bersin terlalu keras dapat memungkinkan rusaknya tulang rusuk
  • Apabila menghentikan bersin secara tiba-tiba, bisa dapat berakibat ketegangan darah pada jepala dan leher anda, bahkan bisa berakibat fatal yaiu kematian.
  • Apabila anda membukakan mata saat bersin, dapat membuat bola mata keluar dari tempatnya.
  • Sekedar pengetahuan bahwa saat bersin semua organ tubuh akan berhenti selama satu detik atau kurang dari satu detik, dan setelahnya tubuh akan kembali normal, seolah-olah anda baru saja terlewat dari maut yang mengerikan.

Karena demikian Penyebab Harus Mengucapkan Hamdalah Setelah Bersin sebagai tanda syukur Kepada Allah SWT. Semoga bermanfaat dan sehat selalu.

0 comments:

Post a Comment