Inilah Keutamaan Bekam Disebutkan Dalam Beberapa Hadits

.
Inilah Keutamaan Bekam Disebutkan Dalam Beberapa Hadits - Terapi bekam merupakan salah satu anjuran Rasululah SAW. terapi ini memang sangat identik dengan pengobatan ala muslim. Berobat dengan bekam memiliki beragam cara, diantaranya bekam basah dan bekam kering. Terapi dengan menggunakan bekam dapat menyembuhkan berbagai penyakit dari dalam darah kotor, asam urat, diabetes, sakit punggung, dan lain-lain.


Selain itu banyak hadits mengenaik keutamaan bekam diantaranya :

1. Dani Anas bin Malik Ra Rasulullah SAW bersabda : "Kalian harus berbekam dan menggunakan al-qusthul bahri." (HR Imam Bukhari, Muslim dan Ahmad).

2. Dari Ibnu Umar Ra Rasulullah SAW bersabda: " Sesungguhnya sebaik-baiknya sarana yang kalian gunakan untuk berobat adalah bekam. al-kist dan syuniz" (lihat Kasyful Astaar'an Zawaa-idil Bazaar)

3. Rasulullah SAW bersabda:"Sesungguhnya dengan berbekam itu terdapat kesembuhan." (Lihat Muhtashar Muslim, Shahiihul Jaami' dan Silsilah Al-Ahaadits ash-Shahihah)

4. Dari Uqbah bin Amir Rasulullah SAW bersabda:" Ada tiga hal yang jika pada suatu kesembuhan, maka kesembuhan itu terdapat pada hirisan alat bekam atau meminum madu atau dengan membakar ditempat yang sakit. Dan aku membenci pembakaran"(HR Imam Ahmad).

5. Dari Ibnu Umar Ra Rasulullah SAW bersabda: " Berbekamlah dalam keadaan perut kosong adalah yang paling baik, dimana ia akan menambah ketajaman menghafal. Ia akan menjadikan seseorang penghafal lebih mudah mengahafal. Oleh karena itu, siapa yang hendak berbekam, maka sebaiknya dia melakukan pada hari Kamis dengan menyebut nama Allah. Hindarilah berbekam dihari Juma'at dan Sabtu serta Ahad. Berbekamlah pada hari Isnin dan Selasa. Hindarilah berbekam pada hari Rabu karena hari tersebut merupakan hari dimana Nabi Ayyub tertimpa malapetaka. Tidaklah timbul penyakit kusta dan lepra kecuali pada hari Rabu atau malam hari Rabu." (Lihat Shahih Sunan Ibni Majah).

" Malah, dalam hadits qudsi yang diriwayatkan oleh al-Tarmizi menyatakan ketika Nabi Muhammad dalam perjalanan Isra' Mi'raj, Baginda menemui malaikat yang menyuruh umat islam menggunakan bekam untuk tujuan kesehatan."


Katanya, Nabi Muhammad juga diriwayatkan berbekam diatas kepala dan antara dua bahu, sekaligus menunjukan berbekam mempunyai manfaat. Semoga dapat bermanfaat artikel mengenai Keutamaan Bekam Disebutkan Dalam Beberapa Hadits dan semoga anda selalu sehat.

0 comments:

Post a Comment