Inilah Rahasia Dibalik Larangan Makan dan MInum Sambil Berdiri

.
Inilah Rahasia Dibalik Larangan Makan dan MInum Sambil Berdiri - Ilmu kedokteran sekarang ini mengungkapkan makan dan minum sambil berdiri menyebabkan makanan berjatuhan dengan keras pada dasar lambung dan menumbuknya.Sehingga lambung kendor dan menjadikan pencernaan sulit. Makan dan minum secara terus-menerus sambil berdiri dapat menimbulkan lua pada dinding lambung. 

Penemuan ini menjelaskan kepada manusia baya yang telah diperingatkan oleh Rasulullah SAW dalam hadits berikut :


Dari Ana Ra dari Muhammad SAW "Sesungguhnya Nabi Muhammad SAW melarang seseorang untuk minum berdiri". Qatadah (seorang tab'in) berkata : " Kami bertanya kepada Anas, ' Bagaimana dengan makan sambil berdiri?' Anas menjawab, ' Yang demikian lebih jelek dan lebih buruk.' (HR Muslim).

Berikut Hadits-hadits shohih Muslim

- Dari Anas RA. Sesungguhnya Nabi SAW melarang minum sambil berdiri.
- Dari Abi Sa'id al-Khudriy RA. Sesungguhnya Nabi SAW melarang minum sambil berdiri.
- Dari Abu Hurairah RA, ia berkata :"Rasulullah SAW bersabda : Janganlah salah seorang diantara kamu minum sambil berdiri, (tapi) siapa yang luma silahkan minum (sambil berdiri)."

Hadits Muslim tetu kita tak harus lagi meragukan keshahihannya. kenapa ? Karena jumhur (mayoritas ulam menyatakan bahwa haduts yang dimuat dalam kitab shahih Muslim dan Bukhori berkualitas shahih. Sebenarnya masih banyak riwayat lainya didalam kitab  hadits lainya yang melarang makan dan minum sambil berdiri, namun hanya dengan mengutip hadits-hadits Muslim sudah cukup mewakili.

Sekcil apapun menurut anggapan kita tidak akan terlepas dari sorotan agama. Islam menunjukan jalan yang baik untuk kesehatan didalamnya. Seperti halnya minum, islam telah memberikan tata cara makan  dan minum yang benar. Para ulama menegaskan bahwa minum sambil duduk sangat utama daripada minum sambil berdiri. Ini berdasarkan hadits Nabi SAW :" Janganlah diantara kalian minum sambil berdiri, bila terjadi muntahkanlah airnya." (HR Muslim)

Menurut Ibnul Qoyyim ada beberapa akibat buruk bila minum sambil berdiri. Di samping tidak mendapatkan kesegaran yang optimaljuga air yang masuk kedalam cepat turun ke bagian tubuh bagian bawah. Hal ini dikarenakan air yang masuk tidak tertampung didalam lambung yang nantinya akan dipompa oleh jantung keseluruh tubuh. Dengan demikian air tidak menyebar keseluruh tubuh, padahal tubuh sangat perlu air karena 70% tubuh adalah air.

Akibatnya bila pengeluaran lebih besar dari pemasukan makan akan terjadi dehidrasi yaitu kekurangan cairan tubuh. Jika terjadi selisih 10% saja maka gejala seirus akan timbul. Kalu selisih 20% maka orang itu akan mati.


Oleh sebab itu, dianjurkan memuntahkan air yang terlanjur diminum sambil berdiri seperti hadits di atas.Para ahli hikmah juga memberi jalan keluar bila terlanjur minu sambil berdiri yaitu dengan mengerakkan ibu jari kaki. Insya Allah dapat terhindar dari efek negatif minum sambil berdiri.

0 comments:

Post a Comment