Manfaat Kesehatan Dibalik Gerakan Shalat

.
Manfaat Kesehatan Dibalik Gerakan Shalat
Manfaat Kesehatan Dibalik Gerakan Shalat - Shalat adalah ibadah yang paling proposional bagi tubuh manusia. Gerakan shalat sudah sangat melekat dengan gerakan khas tubuh seorang muslim. Namun, pernahkah kita terpikir sedikit mengenai hikmah shalat atau manfaat apa sehingga shalat sangat diwajibkan bagi kita. Menurut sudut pandang ilmiah shalat merupakan gudang obat bagi segala penyakit, karena gerakan shalat yang benar dapat berpengaruh kepada kesehatan tubuh.

Saat seorang hamba telah cukup syarat untuk mendirikan ibadah shalat, sejak itulah seharusnya ia menelisik makna dan manfaat dari shalat. Sebab shalat diturunkan untuk menyempurnakan fasilitas-Nya bagi kehidupan manusia. Setelah sekian tahun kita biasa melaksanakan shalat sampai sejauh mana kita memahami dan mengenali shalat ?

Takbiratul Ihram

Takbiratul Ihram

Berdiri tegak, dengan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga kemudian dilipat di depan perut atau di bawah bagian dada.

Manfaat : Gerakan ini dapat melancarkan aliran darah, kekuatan otot lengan dan melancarkan aliran getah bening. Posisi jantung tepat dibawah otak dapat membuat aliran darah keseluruh tubuh dengan baik. Saat mengankat kedua tangan, otot bahumeregang sehingga aliran darah yang kaya akan oksigen menjadi lancar. Kedua tangan didekapkan di bagian bawah dada atau didepan perut, gerakan ini dapat menghindari berbagai macam gangguan persendian, khususnya tubuh bagian atas.

Rukuk
Rukuk

Rukuk yang sempurna ditandai dengan lurusnya tulang belakang sehingga bila diletakan segelas air diatas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala sejajar dengan tulang belakang.

Manfaat: Postur ini menjaga posisi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan pusat syaraf. Posisi jantung yang sejajar dengan otak dapat membuat aliran darah lancar dibagian tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut bermanfaat untuk relaksasi otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, ternyata rukuk adalah latihan kemih untuk mencegah gangguan pada prostat.

I'tidal

I'tidal

Bagun setelah rukuk, dengan mengankat kedua tangan sejajar dengan telingga kemudian berdiri tegak.

Manfaat : Gerakan berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan pencernaan yang sangat baik. Organ-organ pencernaan mengalami pemijatan dan pelonggaran secara prgantian yang dapat membuat sistem pencernaan berjalan lebih baik.

Sujud

Sujud

Gerakan menungging dengan meletakan keduatangan, dahi, ujung kaki, dan lutut pada lantai.

Manfaat : Aliran getah bening akan dipompa kebagian ketiak dan leher. Posisi jantung diatas otak membuat aliran darah kaya oksigen mengalair maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh terhadap daya pikir seseorang, sehingga sujudlah dengan tumaninah sehingga aliran darah ke otak maksimal. Gerakan suju juga dapat memhindarkan kita dari wasir, dan khusus untuk wanita baik rukuk maupun sujud memili manfaat bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Duduk Setelah Sujud

Duduk Setelah Sujud

Gerakan ini mempunyai dua jenis yaitu, iftirosy (tahiyyat awal) dan tawarruk(tahiyat akhir) perbedaan antara dua gerakan ini terdapat pada posisi telapak kaki.

Manfaat : Saat iftirosy, tubuh kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus ischiadius. Posisi ini menghindari tubuh dari nyeri pada pangkal paha yang seing menyebakan penderita tidak dapat berjalan. Duduk tawarruk sangat baik bagi pria karena tumit menekan kandung kemih, kelenjar kelamin pria dan saluran vas deferens. Jika gerakan ini dilakukan dengan dapat mencegah terjadinya impotensi. Variasi posisi telapak kaki saat iftirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian menjadi relaks kembali. Gerak dan tekanan inilah yang menjga kelenturan dan kekuatan organ gerak kita.

Sungguh maha benar Allah atas segala firmannya. Allah tak akan memberika perintak kepada hambanya bil perintah itu tidak ada manfaatnya bagi hambanya. karena Allah maha mengetahui dan maha adil pasti tau apa yang termaik,bagi hamba-Nya.

Demiakian ulasan singkat mengenai Manfaat Kesehatan Dibalik Gerakan Shalat semoga bermanfaat dan bagi anda yang sedang sakit semoga lekas sembuh.

0 comments:

Post a Comment