Tidur Ala Rasulullah SAW Terbukti Baik Untuk Kesehatan

.
Tidur Ala RasulullahSAW Terbukti Baik Untuk Kesehatan - Tidur merupakan kebutuhan penting bagi semua manusia bahkan mahluk hidup lainya. Tidur merupakan nikmat yang diberikan Allah SWT yang tidak ternilai. Sayangnya tak semua arang tau bagaimanan cara tidur atau posisi tidur yang baik dan berkualitas tinggi untuk kesehatan. Nabi Muhammad SAW telah mengajarkan kepada kita semua melaui sunnah rasul tata cara tidur yang baik dan benar. Sehingga tak hanya kesehatan yang kita dapat, berkah hidup dan kasih sayang Allah SWT akan selalu menyertai manusia tersebut.

Untuk memulai hidup sehat kita bisa memulai dari hal yang sangat kecil yaitutidur dimalam hari, mungkin para pembaca sudah atau belum sama sekali mendengar cara Rasulullah SAW tidur. Tidur Rasulullah SAW merupakan cara tidur terbaik untuk kesehatan, bahkan hal tersebut masih jauh sebelum adanya ilmu kedokteran berkembang seperti sekarang. Ibnu Qayying berkata : "Barangsiapa yang memperhatikan pola tidur dan bangun beliau, niscaya mengetahui bahwa tidur beliau tersebut paling proporsional dan paling bermanfaat untuk badan, organ, dan kekuatan".

Berikut ini adalah pembahasan singkat mengenai tidur ala Rasulullah SAW yang terbukti baik utnuk kesehatan.

1. Posisi tidur Rasulullah SAW Adalah Miring ke Kanan 

Kemudian beliau berbalik bertumpu sedikit pada sisi kiri agar proses pencernaan lebih cepat dikarenakan condongnya lambung diatas hati terbukti secara ilmiah. Kemudian beliau kembali ke posisi semula, agar makanan yang dicerna segera larut dari lambung.. Selain sangat bermanfaat untuk pencernaan ternya posisi tersebut memiliki tiga manfaat bagi organ tubuh lain diantaranya.
  • Untuk Jalan Nafas
tidur miring dapat mencegah terjadinya lidah kebelakang yang dapat menghalangi jalur pernafasan.lain halnya dengan posisi tidur terlentang. Posisi tidur tersebut dapat membuat lidah kebelakang dan menghalangi jalur pernafasan, gejala yang paling jelas adalah mendengkur.

Mendengkur dapat mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen bahkan bisa sewaktu-waktu nafas akan berhenti beberapa detik yangdapat membangunkan orang tidur dengan posisi terlentang. Orang tersebut biasanya akan bangun dengan keadaan pusing karena kekurangan pasokan oksigen ke kepala.

  • Untuk Jantung
jika tidur dengan posisi miring kekanan, jantung tidak akan bekerja terlalu berat karena tidak tertindindih organ lain, ini karena jantung berada di sisi kiri. Tidur bertumpu pada sisi kanan akan membuat curah darah yang mengalir banyak dan paru-paru sebelah kanan akan mendapat darah lebih banyak dari paru-paru sebelah kiri.
  • Untuk Paru-Paru
ukuran dari paru-paru kiri lebih kecil dari paru-paru kanan. Jika tidur pada posisi sebelah kanan jantung akan jatuh pada paru-paru kanan dan itu bukan menjadi masalah. Namun jika tidur posisi ke kiri jantung akan menekan paru-paru bagian kiri yang ukurannya kecil.

2. Melurskan Punggung


Manfaatnya adalah agar organ dalam tidak tertekan, posisi ini juga bermanfaat untuk melancarkan peredaran darah.

3.Sedikit Menekuk Kaki

Didunia medis, dokter akan meminta pasiennya untuk menekuk kaki jika akan memeriksa perut pasien. Fungsinya untuk mengendurkan otot perut sehingga mudah untuk diperiksa. Menekukk kaki saat tidurmenolong organ dan otot perut untuk relaksasi lebih sempurna, sehingga tidur akan lebih nyaman.



4. Menggunakan Telapak Tangan Sebagai Bantal 


Kita tentu sering dengar bahwa posisi leher sangat mempengaruhi kualitas tidur. Leher yang tidak lurus saat tidur menyebabkan sakit leeher saat bangun tidur. Subhanallah, begitu banyak manfaat dari tidur sesuai sunnah Rasul SAW. Maka dari itu yuk kita terapkan kebiasaan ini agar hidup penuh kesehatan dan berkah dari Allah SWT.



Demiakian ulasan singkat mengenai Tidur Ala Rasulullah SAW Terbukti Baik Untuk Kesehatan semoga bermanfaat dan sehat selalu.

0 comments:

Post a Comment