Inilah Bahaya Kurang Minum Air Putih Dapat Menyebabkan Stroke dan Gagal Ginjal

.
Inilah Bahaya Kurang Minum Air Putih Dapat Menyebabkan Stroke dan Gagal Ginjal - Minum air putih termasuk suatu kebutuhan dasar manusia yang wajib dipenuhi setiap hari. Kurang minum air putih dalam tubuh dapat membuat gangguan fungsi tubuh, baik ringan hingga fatal seperti kematian. Namun sayangnya masih banyak orang yang menyepelkan minum air putih, sehingga mereka harus rela menanggung biaya karena penyakit yang dideritanya. Mungkin ada yang belum tahu penyakit apa yang bisa ditimbulkan karena kurang minum air putih ?

Kekurangan air dalam jangka waktu tertentu dapat berakibat fatal, karena tubuh manusia hampir 80% adalah air. Bahkan ada bebrapa agian tubuh yang memiliki kadar air lebih dari 80% yakni bagian darah dan otak. Darah mengandung air sebanyak 95% sementara otak memiliki air sekitar 90%. Bisa dibayangkan keadaan yang terjadi bila tubuh kekurangan air?

Kekurangan air secara berlebihan dapat menggangu funsi penting tubuh, misalnya, keringat dan air seni berkurang, suhu tubuh meningkat karena terganggunga mekanisme pendingin tubuh,  gangguan BAB dan yang paling parah darah bisa mengental, apa yang terjadi bila darah mengental ? Yuk simak ulasan dibawah ini.

Dampak Kurang Minum Air Putih


1. Gagal Ginjal

Darah yang kental membuat ginjal harus bekerja ekstra untuk menyaring darah . Jika tidak segera diatasi maka glomerulus ginjal bisa robek sehingga air seni akan bercampur dengan darah dan menjadi kemereh-merahan. Jika kondisi ini berlangsung terus menerus dapat meningkatkan resiko gagal ginjal dan mewajibkan untuk cuci darah.

2. Stroke

Kekita darah mengental dan melewati otak otomatis aliran darah tidak lancar yang menyebabkan pusing. padahal otak sangat membutuhkan oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah. Resiko stroke akan semakin meningkat bila kadar kolesterol dalam pembuluh darah terlalu menumpuk yang membuat aliran darah ke otak tersumbat yang dapat mengakibatkan stroke.

3. Infeksi Saluran kemih

Hal ini terjadi akibat bakteri yang tidak keluar dengan lancar. Gejala yang dirasakan antara lain: nyeri saat buang air kecil, air kencing keluar berasaan dengan darah atau nanah, dan rasa ingin kecing yang tak tertahankan.

Begitu pentingnya minum air putih untuk kesehatan selain untuk mencegah dehidrasi ternyata kurang minu air putih dapat menyebabkan penyakit yang serius.


Demikian ulasan singkat mengenai Inilah Bahaya Kurang Minum Air Putih Dapat Menyebabkan Stroke dan Gagal Ginjal semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita selalu sehat.

2 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete