Fakta Manfaat Garam Bagi Kesehatan Tubuh

.
Fakta Manfaat Garam Bagi Kesehatan Tubuh - Garam adalah sejenis mineral yang membuat rasa asin. Kita sudah mengetahui bahwa garam merupakan salah satu bumbu dapur. Banyak sekali manfaat garam bagi kesehatan dan tahukah anda? islam telah memaparkan manfaat garam melaui Rasulullah SAW. 

Dalam beberapa sunah Rasul yang beliau ajarkan salah satunya mengkonsumsi 1 cubit garam sebelum dan sesudah makan. kini telah dibuktiakan sainsbahwa kebiasaan ini menambah keberkesanan perut untuk menghadam makanan dan menghindarkan perut dari menyerap racun.

Pada zaman tentara yunani, mereka dibayar menggunakan garam. Begitu juga dengan penjajahan negara kecil oleh negara yang lebih besar dengan mengenakan hukuman penjara kepada penentang mereka. Apabila dipenjarakan mereka (penentang diberi makanan seperti roti tanpa garam dan air, waupun diberi makanan mereka tetap terlihat lemah karena kekurangan kadar garam didalam tubuh.

Dari abdullah bin Umar, Rasulullah SAw bersabda :"Sesungguhnya Allah SWT menurunkan emat perkara perkat (mempunyai kebaikan) dari langit (menerusi hujan) kebumi yaitu besi, api, air, dan garam." (HR Al-Baghawy). 
Dari Anas Bin Malik Nabi SAW bersabda :" Penghulu segala lauk pauk kamu ialah garam."

Dalam kitab perobatan Islam, untuk penyakit dari laut maka untuk menyembuhkanya juga dari laut, yaitu menggunakan air garam, diantaranya : 

1. Penyakit Ghaut (Asam urat) - timbun bagian badan yang bengkak dengan pasir laut (yang tinggal ditepi pantai) 1-2 jam kemudian mandi dengan air laut.

2. Untuk yang tinggal dikota goreng 1-2 genggam garam kasar sampai kekuningan kemudian letakkan pada bagian yang bengkak. Garam dibungkus dengan kain.

3. Sam seperti cara diatas untuk penyakit nyeri sendi, perut sakit saat menstruasi, sakit kepala. Letakan garam yang sudah digorang dan dibungkus dengan kain pada telapak kaki.

4.  Untuk yang suka mabuk perjalanan dapat diatasi dengan minum madu dan secubit garam atau dengan air hangat dan secubit garam saat memulai perjalan.

5. Mengembalikan tenaga bagi yang bekerja berat seperti bertani, atau berolah raga dapat meminum air hangat dan secubit garam.

6. Untuk mencuci perut dengan meminum air hangat dan satu butir garam kasar saat pagi.


Demikian ulasan mengenai Fakta Manfaat Garam Bagi kesehatan Tubuh semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan semoga sehat selalu

0 comments:

Post a Comment