Inilah 6 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh

.
Kacang Hijau
Inilah 6 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh - Sipa sih yang gak tau kacang hijau ? Jenis kacang-kacangan yang satu ini sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Kacang hijau sangat mudah ditemukan dan hampir tersebar diseluruh Indonesia. Kacang hijau adalah sejenis palawija yang dikenal luas didaerah tropis. Tumbuhan ini termasuk suku polong-polongan yang bermanfaat unruk kehidupan sehari-hari sebagai sumber makanan yang berprotein nabati tinggi.

Bagian dari tumbuhan ini yang bernilai ekonomi adalah bijinya. Biji kacang hiijau dapat diolah dengan direbus sampai lunak sebagai bubur atau dimakan secara langsung. Kacang hijau bisa diolah dengan cara digerus sebagai isi onde-onde, gandas turi dan bakpau.

Kecambah kacang hijau umum dikonsumsi di daerah Asia Tenggara dan Asia Timur yang biasa dikenal sebagai tauge. Tepung biji kacang hijau biasa dikenal di pasaran sebagai tepung hunkue, tepung ini juga diolah sebagai mie yang kita kenal sebagai soun.

Adapun banyak manfaat yang dapat anda rasakan bila rutin mengkonsumsi kacang hijau diantara manafaatnya adalah :

1. Menurunkan kadar kolesterol jahat didalam tubuh

Mengkonsumsi secara rutin kacang hijau dapat menurunkan kolesterol jahat didalam tubuh yang menjadi salah satu penyebab stroke. Kang hijau mengandung serat makanan yang tinggi dan bermanfaat sebagai penurun tekanan darah, memperlancar peroses pencernaan, dan menjaga fungsi usus.

2. kanker Payudara

Kacang hijau memiki suatu yang yang berguna untuk menghambat pertumbuhan sel kanker, termasuk sel kanker payudara. Zat tersebut diketahui dapat mencegah formasi sel tumor.

3. Membantu Penyerapan Nutrisi

Penelitian menyakan bahwa bila tubuh kekurang vitamin B1 dapat menyebabkan metabolisme tubuh melambat sehingga poses penyerapan nutrisitidak berjalan secara maksimal. Kandungan vitamin B1 dan enzim-enzim yang terkandung didalam kacang hijau memperbaiki kondisi tubuh dan metabolisme tubuh sehingga nutrisi dapat diserap secara maksimal.

4. Kesehatan Mata

Kandungan vitamin A didalam kacang hijau dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata.

5. Untuk Ibu Hamil

Untuk wanita yang sedang hamil mengkonsumsi kacang hijau sangat baik untuk kesehatan ibu dan anak yang dikandungan. Kacang hijau mengandung Vitamin B1, B2 karbohidrat, asam folat, lemak tak jenuh, fosfor, dan protein. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk kesehatan janin dan ibu hamil.

6. Diabetes

Kacang hijau merupakan makanan yang dengan indeks glikemik rendah, berarti kacang hijau baik untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes. Makanan yang kadar glikemik rendah dapat menyebabkan kadar gula yang sehat. Orang yang mengkonsumsi makanan dengan kadar glikemik rendah cenderung mempunyai kadar lemak yang rendah dibanding yang mengkonsumsi makanan dengan kadar glikemik yang tinggi seperti roti dan minuman ringan.


Demikian ulasan singkat mengenai Inilah 6 Manfaat Kacang Hijau Untuk Kesehatan Tubuh semoga bermanfaat bagi kita semua dan sehat selalu.

0 comments:

Post a Comment