7 Kebiasaan Sehat Rasul Sepanjang Hari

.
7 Kebiasaan Sehat Rasul Sepanjang Hari - Berapa kali anda jatuh sakit selama 1 tahun ? pernahkah anda sehat 1 tahun penuh, bila pernah maka Alhamdulillah berarti dalam 1 tahun itu anda telah menjaga kesehatan dengan baik.

Sehat bagi orang muslim merupakan akumulasi dari berbagai aspek, seperti cukup tidur, olah raga teratur, makanan yang baik, menjauhi maksiat, dan mendekatkan diri dengan Allah SWT. Menurut banyak riwayat, Rasulullah pernah mengalami sakit satu hari dalam hidupnya yaitu saat menjelang wafatnya beliau, Ada juga yang meriwayatkan dua kali.

Menurut penyelidikan, Rasul ternyata memiliki setidaknya 7 kebiasaan sehat sepanjang hari yang selalu ditunaikan setiap hari diantaranya :

1. Selalu Bangun Sebelum Subuh

Rasul selalu mengajak umatnya untuk bangun sebelum subuh, melaksanakan sahalat sunnah, shalat subuh berjamaah. Hal ini memberi manfaat diantaranya :
Berlimpah pahalaa dari Allah SWT
Memperkuat pikiran dan menyehatkan pikiran
Kesegaran udara subuh sangat bagus untuk kesehatan dan terapi paru-paru.

2. Aktif Menjaga Kebersihan

Rasul selau berpenampilan rapi dan bersih, tiap hari kamis atau jumaat beliau selalu mencuci bulu halus di pipi, bersisir, memotong kuku, dan berminyak wangi. " Madi pada hari Juma'at adalah wajib bagi setiap orang-orang dewasa. Demikian pula menggosok gigi dan memakai harum-haruman." (HR Muslim).

3. Tidak Pernah Banyak Makan

Sabda Rasul: " Kami adalah sebuah kamum yang tidak makan sebelum lapar dan bila kami makan tidak terlalu banyak (tidak sampai kekenyangan)" (Muttafaq Alaih).

Dalam tubuh manusia terdapat tiga ruang : sepertiga untuk udara, spertiga untuk makanan dan sepertiga untuk air. Bahkan ada tabiyya khusus bagi ummat islam dengan adanya Puasa Ramadhan yang berguna untuk menyeimbangkan kesehatan.

4. Gemar Berjalan Kaki

Rasul selau berjalan kaki ke Mesjid, pasar, mengunjungi rumah sahabat dan medan jihad. Dengan berjalan kaki, keringat akan mengalir ke pori-pori terbuka dan peredaran darah akan lancar Ini penting untuk mencegah penyakit jantung.

5. Tidak Pemarah

Nasihat Rasulullah :" Jangan Marah" sampai diulangi 3 kali untuk tidak mudah marah apalagi sampai dendam. Ini menunjukan hakikat kesehatan dan kekuatan Muslim bukanlah secara jasmani saja, tetapi lebih jauh yaitu dilandasi oleh kebersihan dan kesehatan jiwa. Ada terapu yang tepat untuk menahan marah :
Mengubah posisi saat marah, bila berdiri maka duduk, bila duduk maka berbaring.
Membaca Ta'awwudz karena marah berasal dari Syaithon.
Segeralah berwudhu
Shalat 2 rakaat untuk mendapatkan ketenangan dan menghilangkan kegundahan hati.

6. Optimis dan Tidak Putus Asa

Sikap otimis akan membawa seseorang menjadi lapang jiwa, selalu bersabar, istiqomah, selalu bekerja keras, dan selalu tawakan kepada Allah SWT.

7. Tak pernah Iri Hati

Untuk mencegah penyakit hati maka iri hati adalah cara terbaik. Iri hati akan membuat seseorang selalu merasa kurang dan bila kelamaan akan mendatangkan penyakit hati bahkan penyakit fisik.


Demikian ulasan singkat mengenai 7 Kebiasaan Sehat Rasul Sepanjang Hari  semoga bermanfaat bagi kita semua.

0 comments:

Post a Comment