Inilah Beberapa Gejala Hepatitis B Yang Harus Anda Ketahui

.
Hepatitis B
Inilah Beberapa Gejala Hepatitis B Yang Harus Anda Ketahui - Gejala hepatitis B sering kali tak langsung diketahu, bahkan ada yang sama sekali tidak muncul gejala selama sistem imun tubuh masih berjuang untuk melawan virus penyebab hepatitis B. Karena itulah banyak orang yang tidak menyadari bahwa dirinya sedang terinfeksi virus. Penularan penyakit hepatitis B masih dapat terjadi selama virus masih berada didalam tubuh.

Manusia hanya memiliki satu buah organ hati. Organ ini adalah salah satu organ yang memiliki daya tahan paling tangguh. Hati masih dapat berkerja meski mengalami kerusakan dan masih mampu memperbaiki diri selama tidak mengalami kerusakan yang sangat parah.
Salah satu infeksi serius yang terjadi pada hati adalah Hepatitis B namun penyakit ini biasanya tak langsung diketahui Gejala hepatitis B oleh karena itu banyak orang yang tak menyadari terkena penyakit ini.

Jika pun ada, masa ingkubasi dari virus Hepatitis B adalah berkisar 1-5 bulan sejak terinfeksi virus. Ingkubasi adalah jarak waktu antara virus masuk kedalam tubuh sampai timbulnya gejala. Biasanya gejala Hepatitis B akan hilang stelah 30-90 hari.

Adapun  Gejala Hepatitis B diantaranya :

  • Hilangnya nafsu makan
  • Penurunan berat badan
  • MUntah dan Mual
  • Lelah dan Nyeri tubuh
  • Sakit kepala
  • Demam tinggi (38'C atau lebih)
  • Nyeri perut
  • Sakit Kuning


Penyebab munculnya penyakit kuning adalah karena senyawa hasil limbah sel darah merah yang tidak dapat dibuang oleh hati yang mengalami kerusakan. Senyawa ini juga yang mengubah warna tinja menjadi kuning.

Hepatitis B Kronis


Hepatitis B kronis terjadi saat virus sudah mendiami tubuh selama 6 bula atau lebih. Gejala hepatitis B cenderung lebih ringan, sebagian penderita malah tidak mengalami gejala yang signifikan.

Namun Penderita harus tetap berhati-hati terhadapa Hepatitis B kronis, apalagi penderita yang tidak menjalani pengobatan karena dapat mengakibatkan komplikasi yang serius seperti sirosis atau inflamasi hati.

Jika terjadi gela-gejala yang tidak biasa dan sudah berlangsung lama, sebaiknya anda segera periksakan ke dokter.

Demikian Ulasan mengenai Inilah Beberapa Gejala Hepatitis B Yang Harus Anda Ketahui seoga bermanfaat bagi kita semua dan sehat selalu.

0 comments:

Post a Comment