Rahasia di Balik Larangan Makan Secara Berlebihan

.
Rahasia di Balik Larangan Makan Secara Berlebihan - Makan adalah aktifitas yang penting bagi manusia, namun apa jadinya bila makan secara berlebihan ? kitapun tau akibat dari makan berlebihan yaitu tubuh menjadi lemas untuk beraktivitas yang bila kebiasaan ini terus menerus dilakukan maka tubuh akan menjadi malas dalam mencari rahmat dan rezeki Allah SWT. 

Berikut ini dasar hukum dilarang makan secara berlebihan :

Allah SWT berfirman " Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah disetiap (memasuki) mesjid, makan dan minumlah, dan janganlah berlebihan. Sesungguhnya Allah SWT tidak menyukai orang - orang yang berlebih - lebihan." (QS. Al-A'raaf : 31).

Allah berfirman : " .... Dan orang-orang kafir mereka selalu bersenang-senang dan mereka makan seperti makanya binatang dan neraka adalah tempat tinggal mereka." (QS Muhammad : 12).

Dalam ayat diatas, telah dijelaskan Allah SWT menyebut dua sifat orang kafir . Pertama suka hidup bersenag-senag, karena bagi mereka tidak ada yang menghalangi untuk mencapai tujuan mereka. Bagi merek, semuanya boleh dikerjakan disamping mereka tak punya kewajiban yang harus ditunaikan. Tidaklah salah bila Rasulullah SAW menggambarkan dunia adalah penjara bagi orang yang beriman dan sorga bagi orang kafir.

Kedua, mereka makan seperti halnya binatang ternak. Binatang ternak selalu makan secara berlebihan . misalnya, sapi atau kerbau bila makan pasti perutya terisi penuh sampai perutnya buncit. Lalu apa hubungannya dengan kekafiran ?

Dalam hadits Rasulullah SAW mengingatkan " Jauhilah olehmu mengisi dengan penuh terhadap makanan dan minuman, sebab mengisi perut dengan penuh akan membahayakan tubuh dan menyebabkan malas shalat." (HR Bukhari).

Ilmu pengetahuan telah sampai pada suatu kesimpulan bahwa berlebihan makan dapat menyebabkan obesitas dan obesitas menurut kesehatan adalah bentuk dari ketidakseimbangan metabolisme tubuh. Dan hal itu disebabkan karena penumpukan lemak atau gangguan endokrin (kelenjar dalam tubuh). Faktor genetika tidak memiliki peran besar dalam masalah obesitas sebagaimana yang telah di takini banyak kalangan.. Dan penelitian ilmiah telah membuktikan bahwa obesitas (kegemukan) memiliki dampak berbahaya pada tubuh manusia. 

Salah satu perusahaan asuransi di Negara Amerika telah menerbitkan sebuah data statistik yang menyatakan bahwa semakin panjang garis ikat perut maka semakin pendek umurnya. maka orang yang lingkar perut meraka lebih panjang dari lingkar dada, maka tingkat kematianya lebih besar.

Sebagaimana penelitian juga telah membuktikan bahwa diabetes lebih sering diderita oleh orang yang mengalami obesitas dari pada orang normal. Dan sebagaimana obesitas dapat mempengaruhi organ lain dan secra khusus terhadap organ jantung, dimana lemak menggantikan posisi beberapa otot jantung, yang secara langsung mempengaruhi kinerjanya.

Maka benarlah Rasulullah SAW ketika beliau telah memperingatkan bahaya dari obesitas yang terjadi akibat dari belebihan makan.  Dengan ini islam telah lebih dahulu mengetahui dari bahaya makan berlebihan lebih dari 14 abat yang lalu dan telah mendahului ilmu modern.


Demikian ulasan singkat mengenai Rahasia di Balik larangan Makan Secara Berlebihan semoga dapat bermanfaat dan semoga selalu sehat.

0 comments:

Post a Comment