Inilah Hikmah Dibalik Larangan Kencing Sambil Berdiri

.
Inilah Hikmah Dibalik Larangan Kencing Sambil Berdiri
Inilah Hikmah Dibalik Larangan Kencing Sambil Berdiri - Kencing atau dalam bahasa halusnya buang air kecil merupakan sebuah kebiasaan yang tak asing bagi setiap manusia di dunia ini. Kencing adalah suatu proses dimana seseorang mengluarkan sisa-sisa metabolisme tubuh yang tak dikeluarkan melalui keringat. Dalam melakukan aktivitas ini pun haruslah sesuai tatacaranya agar bermanfaat bagi tubuh dan tidak menimbulkan bahaya pada tubuh. Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk setiap umatnya untuk kencing sambil jongkok. Mungkin terasa sepele namun dibalik larangan kencing sambil berdiri terdapat banyak manfaat bagi tubuh dan dapat menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit akibat kencing sambil berdiri. 

Hadits yang diriwayatkan oleh Aisyah Ra, beliau berkata :"Siapa yang bilang bahwa Rasulullah SAW kencing sambil berdiri, jangan dibenarkan. Beliau tidak pernah kencing sambil berdiri."

Dari Aisyah Ra. berkata bahwa Rasulullah SAW pernah kencing sambil berdiri semenjak diturunkan kepadanya Al-Quran.

" Sesungguhnya banyak siksa kubur dikarenakan kencing makabersihkanlah dirimu dari (percikan dan bekas) kencing." (HR Al-Bazzar dan Ath-Thahawi)

Riwayat Ibnu Abbas Ra, ia berkata: "Rasulullah SAW, pernah melewati dua buah kubura, lalu beliau bersabda: " Ingat, sesungguhnya dua mayit ini sedang disiksa, namun bukan karena dosa besar. Yang satu disiksa karena ia dahulu suka mengadu domba, sedang yang lainya disiksakarena tidak membersihkan dirinya dari air kencingnya. kemudian beliau meminta pelepah daun kurma dan dipotongnya menjadi dua. Setelah itu beliau menancampak salah satunya pada sebuah kuburan dan yang satunya lagi pada kuburan yang lain seraya bersabda: Semoga pelepah itu dapat meringankan siksanya, selama belum kering." (Shahih Muslim no.439)

Secara medis, kencing sambil berdiri adalah penyebab utama dari penyakit kencing batu pada semua penderita penyakitkencing batu dan merupakan salah satu penyebab dari lemah syahwat bagi sebagian pria.

Secara agama, orang yang kencing sambil berdiri kemudian langsung mendirikan shalat, ketika rukuk atau sujud maka akan merasa ada sesuatu yang keluar dari kemaluanya. Itulah sisa dari air kencing yang belum keluar sepenuhnya, apabila hal ini terjadi maka shalatnya tidak sah karena salah satu syarat shalat sah adalah suci dari najis.

Umumnya kita mengangap sepele tata cara buang air karena masalah waktu atau situasi yang mengharuskan kencing sambil berdiri tanpa sedikit pun memikirkan efek negatif kencing sambil berdiri bagi kesehatan. Orang jaman dulu mempunyai sebuah budaya melarang nak untuk kencing sambil berdiri, sehingga pernah kita mendengar sebuah pepatah, "Guru kencing berdiri, murid kencing berlari" karena memang adanya efek negatif dari kencing berdiri.

Ketika buang air kecil sambil berdiri akan ada rasa tidak puas karena adanya sisa air seni yang tidak habis terbuang saat kencing. Air seni yang tidak terbuang akan menimbulkan karang pada saluran kemih kemudian mengkristal dan menjadi butiranbatu kecil yang menjadi penyebab kencing batu.

Jika anda biasa meneliti sisa air kencing yang tidak dibersihkan dikamar mandi, anda bayangkan betapa keras keraknya. bagaimana bila itu terjadi pada kantong kemih anda ?Hal ini merupakan salah satu penmyebab lemah syahwat pada prias selai kencing batu.

Demikian hikmah dari larangan Rasulullah SAW melarang kencing sambil berdiri karena dapat menimbulkan beberapa penyakit dan membuat shalat tak sah.


Demikian ulasan mengenai Inilah Hikmah Dibalik Larangan Kencing Sambil Berdiri semoga dapat bermanfaat dan semoga kita selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT.

0 comments:

Post a Comment