Inilah Manfaat Shalat Subuh Untuk Kesehatan Paru-Paru

.
Inilah Manfaat Shalat Subuh Untuk Kesehatan Paru-Paru - Seperti yang kita ketahui bahwa shalat subuh dilakukan saat terbit fajar, nah waktu itu banyak sekali manfaatnya bagi kesehatan salah satunya untuk paru-paru. Pada saat manusia beristirahat, semua persendian dan otot yang terdapat di tubuh akan mengalami masa pasif. ini sangat membantu otot-otot otonomik pada organ - organ viscera dan semua otot yang selalu bekerja untuk istirahat secara maksimal. Begitu juga ota yang selalu berkerja untuk mengolah informasi yang diterima.



Setelah masa istirahat, ketika kita bangun saat subuh, mulai semua otot dan syaraf penggerak tiap persendian kembali aktif, dan akan mendapat energi yang banyak, dan juga akan terjadi peregangan di tiap persendian terutama pada sendi -sendi tulang belakang. Disamping itu ada beberapa organ tubuh yang menjadi aktif saat ibadah shalat subuh.

Shubuh merupaan waktu yang sangat tepat untuk proses terapi sistem pernapasan, karena saat subuh udara akan sangat segar dan akan sangat bermanfaat untuk tubuh karena belum terkontaminasi racun atau polusi apapun. Dan saat ini lah paru-paru memulai membersihkan sisa - sisa pernapasan pada malam hari.

Penelitian mutakhir ilmu medis dari barat juga mengungkapkan manfaat dari bangun diwaktu subuh. Di temukan bahwa pada waktu subuh  sekitar jam 3-5 akan terjadi proses pembuangan zat racun di bagian organ paru-paru. Oleh karena itu, biasanya selama subuh, penderita batuk akan mengalami batuk yang hebat karena pengeluaran racun telah sampai saluran pernapasan. Penenlitian menegaskan bahwa kebiasaan menjaga pola makan dan pola hidup sesuai dengan waktu metabolisme tubuh sangat penting agar tubuh dapat melakukan penyerapan energi dan pembuangan zat beracum sesuai jadwal.

Paru-paru dan Usus besar perupakan 2 organ yang berpasangan. Usus besar merupakan pengatur panas didalam perut. Jantung termasuk organ yang memiliki sifat panas.Apabila jantung memiliki panas yang berlebih, dengan pernapasan yang dilakukan saat subuh, saat udara sangat bersih, kita dapt mengarahkan panas dari jantung ke paru-paru dan dengan demikian dapat mendinginkan panas di perut.

Paru-paru merupakan organ yang pertama kali yang dapat merasakan adanya perubahan cuaca. Jika paru-paru tak dapat menyesuaikan sesuai keadaan lingkungan, akan timbul beberapa masalah salah satunya masuk angin, filek dan batuk. Didalam oksigen terdapat ion-ion medan energi dan udara yang bertanggung jwah menjaga keadaan tubuh.

Disamping itu, ion-ion ini juga dapat membangkitkan energi yang dapat melingdungi tubuh kita. Paru-paru juga mengendalikan metabolisme tubuh dan mengalirkan cairan tubuh ke kulit. Paru-paru sangat peka dengan perubahan emosional, khususnya jika kita sedang bersedih ataupun marah, karena paru-paru adalah organ yang paling awal mendapat serangan penyakit dan biasa disebut sebagai organ rawan.

Shubuh adalah waktu yang tepat untuk membersihkan dan terapi paru-paru karena saat itu udara sangat bersih dan sehat. Dalam ilmu cina, terapi paru-paru dilakukan pada pukul 3-5. Hal ini karena adanya unsur yang saling bersinggungan antara chi manusia dan chi alam. Dalam masa penyeimbangan energi panas (manusia dan enrgi dingin (alam), terjadilah proses saling mengisi.

Dalam keterangan diatas, jelaslah manfaat yang dapat kita peroleh dengan selalu melaksanakan shalat subuh setiap hari tepat waktu. dengan menghirup udara yang murni dan mlaksakan wudhu dan shalat dengan gerakan yang benar berarti kita telah melakukan perawatan tubuh agar selalu sehat. Berikut manfaat shalat shubuh untuk kesehatan :

1. Untuk mengerjakan shalaty kita diwajibkan untuk bersuci terlebih dahulu baik wudhu maupun mandi wajib. Dengan begitu kita telah melakukan langkah membersihkan badan dari bekas jima maupun mimpi basah, ditambah kotoran yang secara tidak sadar keluar saat kita tidur, seperti, mazi, keringat, kotoran mata, dan ingus.

2. Dengan membasuh beberapa anggota tubuh dengan air, kita telah menstimulasi pori-pori dan syaraf yang pada saat tidur relatif tidak aktif. Ini menjadi tubuh lebih segar, sadar dan siap utnuk beraktifitas.

3. Dengan melaksanakan gerakan- gerakan shalat kita telah melakukan gerakan shalat, sebenarnya kita telah melakukan gerakan ringan. Tubuh yang kaku setelah tidur akan menjadi kempali lentur.

4. Gerakan shalat akan menstimulasi organ-organ ditubuh, terutama paru-paru yang mendapat udara segar diwaktu subuh.



Demikian ulasan mengenai Manfaat Shalat Shubuh Untuk Kesehatan Paru-Paru semoga bermanfaat dan sehat selalu.

0 comments:

Post a Comment