5 Makanan Yang Mengandung Kolesterol Jahat

.
5 Makanan Yang Mengandung Kolesterol Jahat - Low-destiny Lipoprotein disebut sebagai kolesterol jahat karena memiliki pengaruh yang buruk pada kesejatan. Beberapa makanan tertentu terbukti mengandung kolesterol jahat dan sebaiknya dihindari untuk kebaikan tubuh anda.

LDL mengangkut kolesterol menuju sel-sel tubuh yang memerlukanya melalui peredaran darah. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung kolesterol jahat  bisa menyebabkan penumpukan di dinding jalur peredaran darah, dan kolesterol jenis inilah yang menjadi biang kerok terjadinya penyakit pembuluh darah arteri. Hal ini dapat memicu penyempitan embuluh darah dan meningkatkan resiko terkena serangan jantung dan stroke.


Makanan Yang Mengandung Kolesterol Jahat


Demin menjaga kesehatan tubuh anda dan menjaga kadar kolesterol agar tetapa pada batas wajar, mala batasilah mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan minyak. Hindari juga jenis lemak trans yang terkandung dalam cemilan dan sayuran yang terhidrogenasi. Daging berlemak, produk susu, kuning telur, dan makanan cepat saji wajib untuk dibatasi.

Di bawah ini beberapa makanan yang mengandung kolesterol jahat dan sebaiknya anda batasi untuk menjaga tubuh anda tetap sehat, namun bila kadar kolesterol anda sudah melebihi batas wajar, maka makanan dibawah ini wajib anda hindari agar kolesterl anda tidak semakin membengkak.

  • Hati
Selain enak, hati mengadung zat besi yang tetu sangat berguna bagi tubuh. Namun, hati menjadi salah satu makanan yang mengandung kolesterol jahat tinggi.

Hal ini sangatlah wajar karena kolesterol dibuat dan disimpan di organ hati, sehingga kadar kolesterol pada hati sangatlah tinggi.

Hanya dengan mengkonsumsi 85 gram hati sapi anda telah memasukan kolesterol sebanyak 331 mg pada tubuh, Padahal kebutuhan kolesterol pada orang dewasa hanya 300 mg setiap harinya.

  • Lobster
Salah satu makanan laut ini mengandung kolesterol yang sangat tinggi sehingga harus dibatasi. Dalam 85 gram lobster, setidaknya mengandung 61 mg kolesterol. Angkanya bertambah tergantung dari cara mengolah hewan laut ini.

Untuk dapat mengkonsumsi lobster tanpa khawatir kolesterol, hindari untuk mengolah lobster dengan bahan lain yang mengadung kolesterol, seperti menggoreng lobster dengan minyak sayur, atau meencelupkan lobster pada mentega cair. Berbeda jika diolah dengan cara di panggang atau dibakar, cari ini diangga cara aman untuk mengolah lobster.

  • Burger
kesibukan sering kalai menuntut anda mencari makanan yang simpel dan mudah. Salah satu pilihanya yaitu restoran cepat saji. Perhatikan kandungan gizinya, terutama bagi anda yang memesan burger yang ditaburi keju didalamnya. Makanan siap saji ini mengandung sekitar 85-175 kolesterol belum lagi ditambah kentang goreng dan mayonaise. Tentu menu ini bukan menu yang cocok bagi anda.

  • Steak Iga
Sayangnya walaupun sudah dibuang kadar lemaknya dan dimasaka dengan minyak zaitun teplah steak iga mengandung kolesterol yang tinggi.

Hanya dengan mengkonsumsi 115 gram, batas asupan kolesterol per hari anda sudah tergerus olehnya. Sekitar 20 persen batsa asupan kolesterol tiap hanrinya dipasok oleh danging iga. Hal ini belum lagi makanan dan minuman pendamping daging iga sapi.
  • Cemilan
Cemilan yang berasal dari makanan ringan yang terjual bebas biasanya mengandung kadar kolesterol yang tinggi. Makanan seperti kentang goreng, onion ring, kerupuk dan kue biasanya diproses dengan minyak yang telah terhidrogenasi atau mengandung lemak trans.

Karena mengkonsumsi cemilan cenderung susah untuk dikendalikan, maka kadar kolesterol pada tubuh akan naik secara signifikan. Untuk itu batasi cemilan dan baca terlebih dahulu kandungan kolesterol pada makanan ringan yang akan dijadikan cemilan.

Selain membatasi makanan diatas, gaya hidup juga harus diubah, biasakan untuk tidak tidur setelah makan atau mengkonsumsi apapun walaupun sedikit, beraktivitaslah setelah makan, dan luangkan waktu sekitar 30-60 menit untuk olah raga setiap hari.


Demikian ulasan mengenai 5 Makanan Yang Mengandung Kolesterol Jahat semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita selalu diberi kesehatan.

0 comments:

Post a Comment