4 Tindakan Efektif Mengobati Pilek Pada Anak

.
4 Tindakan Efektif Mengobati Pilek Pada Anak
4 Tindakan Efektif Mengobati Pilek Pada Anak - Datangnya musim hujan seringkali dikaitkan dengan mudahnya anak-anak terserang berbagai penyakit salah satunya pilek. Namun anda tak perlu khawatir banyak cara yang dapat anda lakukan untuk mengobati pilek pada anak.

Keinginan anak-anak untuk mermain dibawah guyuran hujan boleh saja dituruti, asalkan sesekali dan jangan berlebihan. Bukanya tanpa alasan, kesenangan main dibawah guyuran hujan dapat beresiko terkena pilek. Lebih dari 200 virus siap menjadikan anak anda atau bahkan semua keluarga anda mengalami hidung tersumbat, batuk dan sakit tenggorokan. 


4 Tindakan Efektif Mengobati Pilek Pada Anak


Banyak cara yang dapat anda gunakan untuk mengurangi gejala pilek pada anak, beberapa cara dibawah ini dapat anda gunakan, diantaranya:
  • Uap Udara dan Mandi Air Hangat
Salah satu gejala umum yang diderita anak saat pilek adalah hidung tersumbat. Untuk meringankan gejala ini, menyiapakan mandi air hangat dan uao udara dapat menjadi cara efektif mengobati pilek pada anak.

Udara lembab dapat membantu mengencerkan lendir di dalam hindung sehingga mudah untuk keluar. Agar anak anda lebih rileks, memandikan anak dengan air hangat dapat sangat membantu.

Untuk mendapatkan uap udara, anda membutuhkan humidifer. Untuk medapatkan udara bersih pastikan humidifer selalu dibersihkan. Jika tidak, akan menumpuk kotoran dan debu sehingga udara yang dihasilkan kkurang bersih.

  • Madu
Meski batuk adalah respon alami tubuh untuk mengeluarkan virus danlendir, namun apakah kita tahan meliihat merek batuk terus menerus? Untungnya cara ini dapat membuat lendir lebih encer sehingga mudah dikeluarkan, bahan yang dimaksud adalah madu.

Para ahli berpendapat rasa manis yang dihasilkan madu dapat memicu produksi air liur sehingga dapat mendorong lendir untuk keluar, sehingga dapat meredakan batuk pada anak. Bagi anak 1-5 tahun cukup setngah sendok madu, sementara untuk anak usia 6-11tahun, satu sendok teh madu yang boleh diberikan.
  • Sup Ayam
Bagi anak yang berusia enam bulan keatas, memberikan sup ayam dapat menjadi cara yang efektif. Dalam hal ini, air sup yang hangat akan sangat membantu melawan pilek, khususnya hidung tersumbat. Delai itu, sup ayam yang hangat dapat membantu anak-anak sanggup mengatasi rasa nyeri, demam dan lelah.
  • Meninggikan Kepala Anak
Membuat kepala anak lebih tinggi atau menyandarkan bisa membantu melegakan hidung tersumbat ada anak. Hal ini dapat membantu anak-anak yang mengalami gejala hidung tersumbat agar anak dapat tidur dengan nyaman dan tidak rewel.

Untuk ana-anak yang lebih dewasa, biarkan mereka tidur di kursi favorit mereka dalam posisi tidur setengah duduk. Yang perlu diperhatikan jangan melakukan cara ini secara berlebihan. Saat anak tidur menjadi rewel, anak bisa terjungkal, dan mengubah posisi membuat kepala anak lebih rendah dari tubuhnya.

Mengenai penanganan pilek pada bayi yang berusia dibawah enam bulan, memberikan ASI merupakan cara yang paling efektif. Sementara untuk anak diatas satu tahun, cairan yang diberikandapat berua air, susu dan jus encer. Mengenai pemberian susu, abaikan mitos yag menyebutkan susu dapat memperbanyak ingus anak, karena belum ada pembuktian secara ilmiah mengenai itu.


Demikian ulasan singkat mengenai 4 Tindakan Efektif Mengobati Pilek Pada Anak semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan semoga sehat selalu.

0 comments:

Post a Comment