Manfaat Senyum Bagi Kesehatan Jasmani dan Mental

.
Manfaat Senyum Bagi Kesehatan Jasmani dan Mental - Manfaat senyum memang sangat luar biasa bahkan langsung terasa. bayangkan bagaimana tidak kita senang bila orang yang kita sayangi memberikan senyuman yang lembut ? itu baru manfaat secarra ksesehatan mental, belum manfaat jasmani. 

Saat kita senang tingkat stress seseorang akan menurun dan akan menurunpula resiko terserang suatu penyakit. Kita telah mengetahui sendiri kalau beberapa penyakit dapat disebabkan oleh setress salah stu nya maag. 

Oleh karenanya saat kita memberikan senyuman pada seseorang berarti kita elah memberikan rasa senang pada seseorang sekaligus kita telah mengurangai kemungkinan orang tersebut terserang sutu penyakit.

Betapa banyaknya manfaatnya dari hanya suatu aktivitas yang terbilang sangat mudah namun seringkali kita anggap remeh. Senyum dianjurkan sekali dalam Islam dan melarang Tertawa yang berlebihan karena tertawa yang berlebihan dapat mengeraskan hati seseorang.

Rasulullah merupakan suami yang penuh dengan senyum dan canda dalam kehidupan rumah tangganya. Aisyah Ramengungkapkan : " Adalah Rasulullah SAW ketika bersama istri-istrinya merupakan suami yang paling luwes dan semulia-mulianya manusia yang dipenuhi dengan gelak tawa dan senyum." (HR Ibnu Asakir)

Dalam penggalan hadits di atas kita telah mempelajari cara nabi sebagai suami bagi para istrinya. Suami yang dipenuhi dengan senyuman.

Diriwayatkan At-Tirmidzi, Al-Husein Ra, cucu Rasulullah SAW menuturkan keluhuran budi pekerti beliau. Ia berkata, " aku bertanya kepada ayahku tentang adab dan etika Rasulullah SAW terhadap orang-orang yang bergaul dengan beliau. Ayahku menuturkan:" Beliau SAW senantiasa tersenyum, berbudi pekerti lagi rendah hati, beliau bukanlah seorang yang kasar, tidak suka berteriak-teriak, bukan tukang cela, tidak suka mencela makanan yang tidak disukainya. Siapa saja mengharapkan pasti tidak akan kecewa dan siapa saja yang memenuhi undanganya pasti akan senantiasa puas......" (Riwayat At-Tirmidzi).

Sudah yakin kan, rosul adalah orang yang sangat dicintai oleh para sahabatnya karena budi pekertinya yang baik. Sebuah riwayat menerangangkan :" tidak diutus rosul melainkan untuk menyempurnakan ahlak" Nah salah satu budi pekerti yang selalu beliau tanamkan adalah senyum.


Manfaat Senyuman Secara Kesehatan Mental

  1. Bernilai Ibadah
  2. Menghargai kebaikan
  3. Menjadi Obat hati pikiran, dan jiwa
  4. Menenangkan hati yang emosi dan marah
  5. Amal solih yang mudah namun bernilai tinggi

Manfaat Senyuman Secara Kesehatan Jasmani

  1. Mengurangi stress
  2. Membantu meningkatkan sistem imun tubuh
  3. Mengontrol tekanan darah
  4. Obat penghilang sakit hati dan tubuh
  5. Obat awet muda

Manfaat Senyuman Menurut Pakar Psikologis


menurt pakar psikologis menuturkan bahwa senyuman dapat meningkatkan kecantikan wanita sebesar 20 %. Dan itu memanglah benar kita lihat sendir saat seseorang tersenyum makan orang tersebut akan terlihat lebih indah dari yang lain.

Ada lagi sebuah kutipan dari pakar psikologi yang luar biasa :
" Senyum lebih berharga di banding sebuah pemberian yang dihadiahkan seorang pria. Dan lebih menarik dari lipstik dan beak yang menempel di wajah wanita"

Manfaat Senyum Yang Sangat Luar Biasa


  1. Suatu hal yang biasa menjadi spesial
  2. Murah namun tak ternilai dengan uang
  3. Ringan namun penuh makna
  4. Tidak bertenaga namun besar motivasinya
  5. Suatu hal yang mudah namun selalu tampak indah
  6. Ibadah paling mudah namun setara dengan sedekah

Demikian ulasan mengenai Manfaat Senyum Bagi Kesehatan Jasmani dan Mental semoga dapat bermanfaat bagi kita semua dan semoga kita selalu dipenuhi kesehatan dan rahmat Allah SWT.

0 comments:

Post a Comment