Subhanallah!!! Inilah Rahasia Di Anjurkan Wudhu Sebelum Tidur

.
Subhanallah!!! Inilah Rahasia Di Anjurkan Wudhu Sebelum Tidur
Subhanallah!!! Inilah Rahasia Di Anjurkan Wudhu Sebelum Tidur - Wudhu merupakan syarat sahnya shalat sehingga sangatlah wajib bagi setiap muslim untuk wudhu sebelum melaksanakan ibadah shalat. Selain menjadi syarat sahnya shalat, kebiasaan wudhu sering di lakukan Rasulullah sebelum tidur dan ini dilakukan setia hari.

Rasulullah SAW bersabda :" Barangsiaa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu), makan Malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya Malaikat itu akan berkata 'Ya Allah amunillah hamba-Mu si fulan, karena tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci". (HR Ibnu Hibban dari Ibnu Umar Ra).

Dari Umar bin Harits bahwa Nabi SAW bersabda :"Barangsiaa tidur dalam keadaan berwudhu, maka apabila mati di saat tidur maka matinya dalam keadaan syahid di sisi Allah SWT".

Dari keterangan diatas manfaat secara agama sudah sangat luar biasa. Pertama kita didoakan oleh mahluk yang selalu beribadah kepada Allah SWT yaitu Malaikat. Yang kedua bila kita mati dalam keadaan tidur dan sebelumnya sudah berwudhu maka kita termasuk orang yang mati syahid.

Lalu, Apa saja sih manfaat wudhu secara medis?


Tentu setiap perintah Allah tentulah ada Manfaat dan Kebaikan di dalamnya. Saat wudhu lima anca indra kita akan di basuh oleh air wudhu. Mulai mata, hidung, telinga, lidah dan kulit dan itu sangatlah luar biasa.


Menurut enelitian yang dilakukan di Universitas Alexsandria, Dr. Musthafa Syahatan, seorang dari fakultas THT menyatakan secara tegas bahwa orang yang melaksanakan wudhu sebelum tidur memiliki jumlah kuman yang lebih sedikit dibanding orang yang tidak melaksanakan wudhu sama sekali.

1. Menenankan otot tubuh

Mungkin masalah ini belum banyak penelitian mengenai ini. Namun dalam ilmu pengobatan basuhan air daat menenangkan otot tubuh yang tegang setelah sekian lama beraktivitas. Sehingga pikiran akan lebih tenang dan kualitas tidur akan lebih baik.

2. Mencerahkan kulit wajah

Salah satu kelebihan dari wudhu adalah dapat membersihkan kotoran yang menempel pada wajah dan kulit. Jika pakar kecantikan menganjurkan untuk mencuci muka sebelum tidur, maka Rasulullah SAW menganjurkan berwudhu sebelum tidur. Sehingga kulit dan wajah akan lebih bersih dan tentunya akan lebih cerah karena kotoran daapt terbuang oleh air wudhu.

3. Menstimulasi syaraf pusat

Menurut penelitian yang di lakukan Prof Leopold Warner Von Ehrenfels, mengkui keistimewaan wudhu. usat syaraf manusia yang paling peka adalah bagian dahi, kaki, dan tangan. Ketiga bagian ini sangatlah sensitif dengan air segar. Sehingga saat anda membasuh ke tiga bagian tersebut, maka secara tidak langsung anda menstimulasi syaraf pusat.

4. Menghindarkan dari penyakit kulit

Bagian kaki dan tangan merupakan bagian yang sering bersentuhan dengan benda asing. OLeh karenanya kuman akan mudah menghingga kedua bagian ini. Saat berwudhu kedua bagian ini akan dibersihkan sehingga kuman yang menempel akan hilang dan mengurangi kemungkinan terkena penyakit kullit.


Dari semua pembahasan diatas kita daatmengambil hikmah bahwa Wudhu sebelum tidur sangatlah baik baik dai sisi rohani mauun dari sisi jasmani. selain itu wudhu sebelum tidur merupakan sunnah Rasul sehingga selain kita mendaat manfaat kesehatan kita akan mendapat pahala dari menjalankan sunnah Rasul.

1 comments:

  1. Infonya bagus Gan sangat bermanfaat bagi belum tahu, tetap semangat

    ReplyDelete