Selain Enak, Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Juga Banyak

.
Manfaat Coklat Bagi Kesehatan
Selain Enak, Manfaat Coklat Bagi Kesehatan Juga Banyak - Pada zaman modern ini coklat sudah banyak sekali diproduksi dan berbagai jenis coklat pun sudah banyak beredar. Coklat memang enak untuk dikonsumsi dan beberapa manfaat coklat bagi kesehatan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh anda. Jadi apa saja manfaat yang dimaksud?

Kandungan utama coklat adalah kokoa. Zat flavanol dalam kokoa memiliki fungsi sebagai antioksidan yang mampu mengurangi kerusakan sel yang memperngaruhi resiko kesehatan salah satunya sakit jantung dan dapat menangkal radikal bebas yang masuk kedalam tubuh. Kandungan flavanol dalam coklat hitam lebih banyak dibanding dengan coklat hitam.

Manfaat Coklat Bagi Kesehatan


Pada sebuah penelitian menyebutkan bahwa coklat bermanfaat untuk menghindari seseorang dari resiko terkena penyakit kardiovaskular. Manfaat lain yang di dapatkan antara lain.

  • Menurunkan Tekanan Darah. Rata-rata konsumsi coklat dapat menekan tekanan darah hingga dua poin.
  • Meningkatkan HDL yang juga dikenal dengan kolesterol baik. Sekaligus coklat juga dapat menurunkan LDL yang dikenal sebagai kolesterol jahat.
  • Mencegah diabetes dengan meperbaiki insulin tubuh. Untuk penderita diabetes tingkat dua, manfaat lain yang didapatkan dapat meminimalisasi komplikasi dari gula darah yang tinggi. 
  • Memperlancar aliran darah.

Penelitian lain menyebutkan bahwa coklat hitam dapat mengurangi sindrom kelelahan kronis yang dialami setiap hari.

Efek Negatif Coklat


Sayangnya, mengkonsumsi coklat dapat mendatangkan efek seperti timbulnya jerawat. Meski tak pernah disebutkan coklat penyebab utam jerawat, beberapa jenis coklat kemasan biasanya dicampur dengan bahan lain seperti sirop jagung, gula dan karbohidrat tertentu.

Rasa coklat yang nikmat bukan tidak mungkin dapat membuat anda ketagihan. Jika hal ini terus berlanjut, mengkonsumsi coklat secara berlebihan dapat meningkatkan berat badan. Kondisi berat badan yang berlebih malah dapat meningkatkan resiko penyakit kardiobaskuler.

Banyak coklat dalam kemasan yang mencampurkan beberapa bahan sehingga dapat meningkatkan kandungan lemak, kalori dan gula. Hal itu justru dapat meningkatkan resiko penyakit.

Pada dasarnya coklat mengandung zat gula dan lemak yang rendah. Sementara serat yang tak larut dalam coklat berasal dari kulit ari biji coklat yang belum di proses. Jika anda ingin mendapatkan manfaat coklat bagi kesehatan, maka pilihlah coklat bubuk tanpa pemanis yang bisa anda tambahkan pada bubur gandum, susu rendah lemak atau makanan dan minuman yang biasa anda konsumsi.

1 sendok bubuk coklat tanpa pemanis mengandung 20 kalori, 0,5 gram lemak dan 1 gram serat. Coklat jenis ini bisanya tidak menganduk lemak jenuh. Berbeda dengan 56 gram coklat susu tang mengandung 270 kalori, 10 gram lemak jenuh dan 17 gram lemak. Coklat jenis ini sama sekali tidak mengandung serat.

Coklat memang mendatangkan manfaat namun bila mengkonsumsi secar berlebihan memang akan menimbulkan efek negatif, sehingga sebaiknya dikonsumsi dengan bijak dan jangan berlebihan.


Demikian ulasan mengenai Manfaat Coklat Bagi Kesehatan semoga dapat bermanfaat dan semoga kita selalu diberi kesehatan.

2 comments:

  1. I think your blog is good to read and need to be updated to be great for readers
    sanadomino

    ReplyDelete
  2. artikelnya makasih banget gan
    http://www.obattrigliseridatinggi.xyz/

    ReplyDelete