Subhanallah !!! Dapatkan Manfaat Makan Malam Sesuai Anjuran Islam

.
Manfaat Makan Malam
Subhanallah !!! Dapatkan Manfaat Makan Malam Sesuai Anjuran Islam - Mungkin kita pernah di anjurkan kerabab atau teman untuk tidak makan malam. Hal ini memang dibenarkan bila tatacara makan pada malam hari salah. Tatacara makan malam yang benar tentu akan memberi manfaat dan tata cara makan yang salah tentu memberi mudarat.

Makan malam sangatlah di anjurkan oleh Rasulullah SAW sesuai sabda nya : " Jangalah kalian meninggalkan makan malam meski dengan segenggam kurma, sesungguhnya meningkalkanya itu akan mempercepat tua." (HR Ibnu Majah no.3346).

Menurut hadits di atas sudah sangat jelas meninggalkan makan malam dapat mempecepat penuaan seseorang. Rasulullah menganjurkan untuk makan malam dan setelah selesai makan malam dilanjutkan dengan berjalan-jalan atau lebih baik di lanjutkan dengan shalat. Hal ini agar makanan yang dikonsumsi masuk dengan tepat ke lambung dan bisa dicerna dengan baik.

Diriwayatkan dari Aisyah Ra bahwa Nabi SAW bersabda :" Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah yang Maha Tinggi dan shalat, serta janganlah kalian tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras." (HR Abu Naim).

Dari hadits diatas kita sedikit ada gambaran bahwa waktu yang bai untuk makan adalah sebelum shalat termasuk makan malam. Jadi makan malam yang baik adalah diantara shalat magrib dan shalat isya.

Namunn bagaimana bila saat makan terdengar kumandang adan ? yang harus dilakukan adalah melanjutkan makan dan shalat setelah makan.

Dari Ana Ra Rasulullah SAW bersabda :" Jika makan malam sudah disajikan dan iqamah shalat dikumandangkan, maka dahulukanlah makan malam." (HR Bukhari dan Muslim)

Suatu ketika Abu Hurairah dan Ibnu Abbas sedang makan lalu muazin hendak mengumandangkan iqamah, Ibnu Abbas lalu mengatakan kepada muazin tersebut :" Janganlah engkau tegesa-gesa supaya kita tidak melaksanakan shalat dalam keadaan membayangkan makanan." (HR. Said bin Manshur dan Ibnu Abi Syaibah. Sanad riwayat dinilai hasan oleh Ibnu Hajar dalam Fathul Baari, 2/189)

Aisyah Ra pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda :" Tidak sah shalat saat makanan sudah disajikan dan pada saat menahan buang air besar dan buang air kecil." (HR Muslim)

Jadi sekarang kita tau tata cara makan Rasulullah bagaimana ? Nah setelah kita mengetahui semuanya kita tinggal membahas apa saja manfaat makan malam menurut para peneliti.

Manfaat Makan Malam

1. Menghindari Naiknya Asam Lambung

Makan malam sebelum tidur dengan makanan berat, tentu akan membuat seseorang tidur tidak nyaman dan membuat asam lambung naik dan rasa terbakar di ulu hati. Dengan makan lebih awal maka masalah naiknya asam lambung dan rasa tidak nyaman dapat terhindar.

2. Memberi Waktu Lebih Lama Untuk Mencerna Makanan

Dengan makan lebih awal dapat memberi waktu kepada sistem pencernaan agar dapat mencerna makanan lebih baik. Karena saat makan sebelum tidur dapat membuat proses pencernaan menjadi tidak sempurna dan menyebabkan berbagai masalah serius.

3. Menghindari Obesitas

Penelitian menunjukan bahwa obesitas dan makan malam sangatlah erat kaitanya. Hal ini disebakan prosen pencernaan pada malam akan berlangsung tidak sempurna, selain itu pada malam hari metabolisme tubuh akan menurun. makan malam lebih awal dapat membantu menghindari dari resiko obesitas.

4. Mengurangi Kecenderungan Makan berlebihan

Makan malam lebih awal akan mengurangi porsi makan yang berlebihan. hal ini dikarenakan waktu antara makan siang dan makan malam lebih awal tidak terlalu lama, sehingga perut tidak terlalu lapar, dengan begitu porsi makan tidak terlalu banyak.

Tips Strategi Makan Malam

1. Makan malam dengan makanan Gekemik rendah dapat mengontrol gula darah diesok harinya

Mulai hari dengan tubuh berstamina tidak hanya didapatkan dari tidur baik, ternyata makan malam pun memperngaruhi. 

Sebuah studi yang diterbitkan di American Journal of Clinical Nutrition menunjukan bahwa seseorang yang makan malam dengan makanan glikemik rendah dapat mengontrol kadar gula darah lebih baik pada sarapan esok harinya. 

Mengontrol gula darah tak hanya dapat menghindari dari kegemukan, namun juga untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sumber makanan yang mengandung glikemik rendah diantaranya buah-buahan, sayuran, susu, jus tomat, roti gandum dan gandum.

2. Makan makanan berkarbohidrat dapat mengontrol rasa lapar

Sebuah penelitian terbaru menunjukan bahwa makan malam denga karbohidrat dapat mengontrol rasa lapar di esok harinya. kemampuan untuk mengontrol nafsu makan merupakan strategi kunci untuk keberhasilan penurunan berat badan.

3. Makan malam dengan makanan yang mengandung protein

Binaragawan telah lama memasukan prtein kasein dari makanan tertentu seperti yogurht, susu, keju, bubuk protein saat makan malam, untuk membantu meningkatkan pembentukan otot di saat tidur. Penelitian baru-baru ini telah membuktikan kebenaran itu.

Jadi tunggu apa lagi ? Yuk biasanakan untuk makan malam dengan cara yang benar agar hasilnya pun dapat memberikan kesehatan pada tubuh


Demikian ulasan singkat mengenai Manfaat Makan Malam semoga dapat bermnfaat bagi kita semua dan semoga kita selalu diberi kesehatan oleh Allah SWT.

0 comments:

Post a Comment